'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Aisyiyah Mitra Kerja BKKBN Dalam Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023
28 Maret 2023 20:44 WIB | dibaca 49

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Kemitraan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 di Grand Sahid Hotel Jakarta pada tanggal 7-8 Maret 2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring maupun daring. Dihadiri oleh berbagai lapisan Mitra Strategis BKKBN termasuk Aisyiyah. Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara, dr. Robitah Asfur, M. Biomed., AIFO-K salah satu yang berkesempatan untuk menghadiri kegiatan ini secara daring melalui media zoom.

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhajir Effendi, M. AP,  Panglima TNI yang diwakili Aster Panglima TNI, Kapolri yang diwakili Asops Kapolri,  Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, S.E., M.A., M. Sc., M. Phil., Ph. D & istri, Kepala BKKBN RI, Dr. (Hc) dr. Hasto Wardoyo, S. POG(K), Menteri Agama RI diwakili Dirjen BIMMAS Islam KEMENAG RI, Kepala BPIP RI diwakili Deputi bidang hubungan antara lembaga, sosialisasi, komunikasi, dan jaringan BPIP, serta Mitra strategis BKKBN.

Tema yang diangkat dalam Rakornis 2023 ini adalah "Sinergitas Implementasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Bersama Mitra Kerja". Acara ini difokuskan untuk meningkatkan cakupan pendampingan keluarga berisiko stunting dan meningkatkan kebutuhan gizi pada anak berisiko stunting, melalui program Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS). Melalui acara ini juga akan mengoptimalkan fasilitas kesehatan dalam pelayanan KB dan kesehatan, serta mengoptimalkan posyandu dalam intervensi tumbuh kembang balita. Demikian yang disampaikan oleh Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi BKKBN Sukaryo Teguh Santoso.

Saat membuka Rakornis ini, Kepala BKKBN RI, Dr. (Hc) dr. Hasto Wardoyo, S. POG(K), menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah forum pertemuan para mitra kerja BKKBN agar terjalin komitmen bersama serta terlaksananya rencana aksi dalam upaya meningkatkan Capaian Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhajir Effendi, M. AP, turut memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Menko PMK yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, menyampaikan bahwa masalah stunting bukan masalah kesehatan semata. Tapi juga terkait dengan masalah pengembangan keluarga. Oleh karena masalah pengembangan keluarga, UUnya bukan UU kesehatan melainkan UU Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependidikan dan Pengembangan Keluarga. (Kusmilawaty)

Shared Post: