'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Antusias Warga Aisyiyah mempersiapkan Lahan Tanam Pohon dan Sayur Bersama LLHPB Sumut
20 Desember 2021 20:34 WIB | dibaca 102

                                                 

Penanaman sayur dan pohon dengan sistem pola asuh  sangat bermanfaat bagi kelentingan keluarga. Program yang diusung oleh LLHPB, Sahabat Nabati, dan Lazizmu iniditujukan bagi anggota aisyiyah dan juga masyarakat yang termasuk dalam golongan Fakir, Miskin , dan Sabilillah. Dalam program ini kami tujukan pada seluruh warga Aisyiyah yang didominasi oleh para sabilillah.  Selain untuk kelentingan keluarga juga bermanfaat untuk pemanfaatan lahan kosong, untuk kelestarian lingkungan hidup, keindahan  dan masih banyak manfaat lainnya. Program penanaman sayur dan pohon dengan sistem pola asuh oleh LLHPB SUMUT sedang berjalan yang diawali dengan penyerahan bibit ke PCA. Percut Se tuan,PCA Sunggal, dan PCA. Pancur Batu (PDA Deli Serdang) yang mana ketiga cabang tersebut saat ini sedang mempersiapkan lahan lahan tanam baik di halaman rumah, ladang, juga di halaman amal usaha Aisyiyah dan Muhammadiyah.

Kegiatan persiapan lahan dilaksanakan oleh ibu-ibu PCA serta PRA di PDA Medan dan PDA Deli Serdang. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 28 November 2021 (PCA.Percut Sei tuan), 2 Desember 2021 (PCA.Pancur Batu Deli Serdan). dan 7 Desember 2021 (PCA. Sunggal).Persiapan lahan yang dilakukan oleh warga ‘Aisyiyah dengansangat antusias dan semangat sebagaisatu aktifitas baru yang sangat menyenangkan.   Hal ini dapat dilihat darifoto-foto dan video yang dishare  saat pelaksanaan kegiatan Penanaman pohon dan sayur juga dilaksanakan disekolah dengan mengikut sertakan siswa dalam menyiapkan wadah dan media tanam.

Persiapan lahan untuk penanaman pohon dilaksanakan pada lahan yang luas, diutamakan ditanam ditanah terbuka (bukan dalam pot). Penanaman pohon ditanah terbuka bermanfaat untuk penyimpanan air dalam tanah. Penggalian lobang tanam dibuat sesuai dengan panduan dalam penyediaan lobang tanam agar tanaman dapat mengahasilkan pohon dan buah yang baik dan sehat. Macam-macam pohon yang ditanam meliputi Belimbing, Pokat, Mangga, sawoh, rambutan, asam jeruk, Matoa. Persiapan lahan untuk penanaman sayur lebih dominan menggunakan media pot dari sampah rumah tangga atau polibag dari plastic refil minyak gorengsebagai wujud gerakan R3 (Reduce, reuse, dan recycle). Macam-macam sayur yang ditanam meliputi: seledri, cabai, terung, kangkung, sawi, bawang, buah strowbery, empon-empon dan lainnya. (PolaAsuhPohonDanSayur; Ijah Mulyani-LLHPB)

Shared Post: