'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Usia Remaja
30 Juli 2021 09:54 WIB | dibaca 106
   
 
Pernikahan dini pada saat ini kembali mencuat ke permukaan. Pengaruh media sosial yang begitu bombastis menimbulkan banyak masalah ditengah-tengah masyarakat khususnya para remaja. Banyak remaja yang sesungguhnya belum siap secara mental untuk berumah tangga. Untuk itu para remaja perlu untuk mendapatkan bimbingan dan arahan sejak dini.
Pada tahun 2018 terdapat 12.504 perkawinan di bawah umur atau perkawinan anak yang disahkan oleh negara. Angka tersebut masih tinggi walau sudah diatur dalam Undang-Undang usia menikah .Bahkan dengan disahkannya perubahan usia perkawinan oleh DPR menjadi 19 tahun bagi laki-laki dan perempuan diharapkan dapat mengedukasi masyarakat sehingga perkawinan anak-anak dapat dihindari.
Salah satu bentuk edukasi yang dilakukan oleh Aisyiyah adalah melakukan Bimbingan Perkawinan (BIMWIN) pranikah bagi usia remaja. Usia remaja sekitar usia 12-18 tahun (usia SMP dan SMU). Adapun tujuan Bimbingan Perkawinan bagi usia remaja ini adalah : 
1. Memahami tentang konsep diri dan perannya dalam mewujudkan Keluarga Sakinah dalam perspektif kesetaraan, keadilan, dan kesalingan. 
2. Mewujudkan komitmen mempersiapkan kematangan dalam perkawinan secara fisik, psikis, ekonomi, sosial, dan spiritual. 
3. Memahami dan melakukan komunikasi yang setara, humanis, sehat, dan aman antara laki-laki dan perempuan, sesuai dengan nilai-nilai Islam yang berkemajuan.
Ketiga tujuan tersebut dikemas dalam materi dan disampaikan dalam Bimbingan Perkawinan yang dilaksanakan pada acara Bimbingan Perkawinan bagi siswa dan  siswi MTs dan Aliyah ’Aisyiyah Sumatera Utara. Peserta yang hadir pada acara ini sebanyak 26 orang.
Acara ini berlangsung pada hari Jum’at, 13 Zulhijjah 1442 H/23 Juli 2021, bertempat di Aula Gedung ’Aisyiyah Pasar Merah. Terselenggaranya acara ini atas kerjasama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara dalam bentuk Pengabdian  Masyarakat (ABDIMAS) dengan skim Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM). Tim PKPM dari UMSU adalah Rasta Kurniawati Br Pinem, S.Ag.,M.A., Nur Rahmah Amini, S.Ag., M.Ag., dan Ina Zainah Nasution, S.Sos. I, M.PdI. Tim pelaksana pengabdian masyarakat ini merupakan dosen UMSU dan pengurus Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah ’Aisyiyah Sumatera Utara.
Terima kasih kepada Majelis Dikdasmen PWA Sumatera Utara dan Kepala Sekolah MTs dan Aliyah ’Aisyiyah Sumatera Utara yang bersedia sebagai Mitra dan mendukung penuh sehingga dapat terlaksana dengan baik acara ini. Terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang telah menyediakan fasilitas skim PKPM untuk kemajuan organisasi Muhammadiyah. (Rasta K/Maj Tabligh PWA SU)
 
Shared Post: