'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
FGD Perdana Analisis Situasi TBC di PDA Kabupaten Deli Serdang
19 September 2020 06:58 WIB | dibaca 123

Lubuk Pakam, 16 September 2020, Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kabupaten Deli Serdang bersama SSR Community TB-Hiv Care 'Aisyiyah Deli Serdang melaksanakan FGD Analisis Situasi (Ansit) TBC menuju intervensi desa bebas TBC. FGD ini dilaksanakan pada hari Rabu, 16 September 2020 di Desa Pasar Miring Kecamatan Pagar Merbau Deli Serdang . Ansit TBC ini  pertama kali  dilaksanakan di  wilayah Sumut. Hadir dalam FGD ini Kepala Desa Pasar Miring, Bapak Santoso S.Sos, Ketua Tim Penggerak PKK, Petugas TB Puskesmas, Bidan Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Kepala Dusun, Ketua Perwiritan, Kader Posyandu, Irmas Desa, BPD Desa, Kader TB 'Aisyiyah, Keluarga Pasien TBC, Testimoni Pasien sembuh, dan Kader Lansia.

Ketua PDA Deli Serdang, ibu Yenny Dermawan dalam arahannya menyampaikan bahwa gerakan penanggulan TBC ini merupakan gerakan Dakwah 'Aisyiyah di bidang kesehatan yang sudah berjalan dari tahun 2014. Untuk mempersiapkan FGD ini  para fasilitator telah melalukan Ansit TBC di Desa Pasar miring yang bertujuan untuk membebaskan desa dari penyakit TBC. Diharapkan dengan berlangsungnya FGD ini dapat terwujud komunitas masyarakat yang peduli dengan gerakan penanggulangan TBC dan lahirnya kebijakan aparat desa yang mendukung gerakan intervensi desa bebas TBC. Semakin banyak desa yang terbebas dari TBC maka semakin mudah untuk kita semua berperan dalam mengeliminasi TBC di 2030. Kepala Desa  Pasar Miring, Bapak.Santoso S.Sos dalam sambutannya sekaligus membuka acara FGD menyampaikan bahwa gerakan 'Aisyiyah di bidang kesehatan sangat aktif. Hal ini dibuktikan dengan pemberian makanan tambahan bagi 250 balita yang ada di desa ini dan pada Hari TB juga melaksanakan gerakan 1.438 ketukan pintu untuk menjaring suspek baru penderita TBC. Kepala Desa berterima kasih karena desa ini  dipilih menjadi pilot projek intervensi desa menuju desa bebas TBC yang sudah di analisa para fasilitator desa yang dilatih oleh 'Aisyiyah Deli Serdang. Pemerintah setempat akan mengupayakan  program ini dapat masuk dalam Musrenbangdes dan dapat di sahkan pada program kerja desa. Sambutan ditutup dengan harapan masyarakat dapat bersama-sama mensejahterakan masyarakat di bidang kesehatan. Informasi yang menggembirakan dari Kepala Desa bahwa para kader TB yang ada di Desa Pasar Miring sudah terdaftar sebagai Kader Desa.

Fasilitator Desa, Ibu jamiatun menyampaikan bahwa  Ansit TBC di desa pasar Miring pada Juli 2020  ditemukan adanya permasalahan mengenai penanggulangan TBC di desa ini. Antara lain adalah (1) Rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat terkait TBC. (2)  Kendala yang di alami pasien TBC dalam proses pengobatan. (3) Beban ekonomi dari dampak pengobatan. (4) Tidak adanya kebijakan pemerintah desa yang mendukung program penanggulangan TBC. Koordinator program TB HIV Care 'Aisyiyah Deli Serdang.Taufik Hidayat SP mengharapkan dari acara FGD ini masyarakat desa perlu meningkatkan kembali edukasi tentang TBC dan membentuk komunitas penggiat TBC yang bekerja sama dengan semua elemen masyarakat yang ada di desa ini untuk membantu para pasien TBC dalam masa pengobatan mencapai kesembuhan. Selanjutnya  intervensi desa bebas TBC ini dapat terwujud di desa pasar miring.

Acara dilanjutkan dengan diskusi semua peserta FGD ( PDA Deli Serdang, SSR Community TB-Hiv Care 'Aisyiyah Deli Serdang, editor Yenny Dermawan)


 

Shared Post: