'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Gebyar Menyambut Milad ‘Aisyiyah ke 102 Bersama 1000 Perempuan Islam Berkemajuan
13 Maret 2019 16:46 WIB | dibaca 290

Gebyar Menyambut Milad 'Aisyiyah ke 102 Bersama 1000 Perempuan Islam Berkemajuan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 Maret 2019 di Halaman Gedung Dakwah ‘Aisyiyah Sumatera Utara Jalan Rahayu Pasar Merah Medan.  MTs dan MA 'Aisyiyah Sumut mengawali dengan penampilan  3 siswa terbaiknya  dalam kemampuan berpidato.  Siswa pertama pidato dalam bahasa Arab, siswa kedua yang baru saja memeluk agama Islam pidato dalam bahasa Indonesia dan siswi ketiga pidato dalam bahasa Inggris. Acara yang mengusung tema ‘Aisyiyah Beragama Yang Mencerahkan ini dipandu oleh Arika Peranginangin yang merupakan Kepala Sekolah dari MTs 'Aisyiyah Sumut. Beberapa pantun disampaikannya dengan fasih mengawali acara pembukaan. Setelah acara formal berupa pembacaan ayat suci Al Qur'an dilanjutkan dengan melagukan Indonesia Raya, Sang Surya dan Mars 'Aisyiyah hadirin disuguhi tari persembahan oleh gadis-gadis cilik penghuni Panti Putri 'Aisyiyah Kota Medan. Dalam laporannya, Nuniek Eniyati sebagai Ketua Panitia menyampaikan terima kasih sedalam-dalamnya kepada berbagai pihak yang berasal dari berbagai kalangan termasuk dari simpatisan 'Aisyiyah.

Ketua PWA Sumut, Hj. Elinita dalam pidato miladnya menyampaikan sejarah berdirinya ‘Aisyiyah dari segala bidang terkhusus di bidang Pendidikan . ‘Aisyiyah adalah organisasi perempuan yang pertama mendirikan TK Bustanul Athfal  untuk anak-anak Indonesia dan sampai sekarang lebih dari 5000 TK Bustanul Athfal dalam binaan ‘Aisyiyah. Dalam perkembangan sejarahnya akhirnya ‘Aisyiyah menjadi organisasi perempuan pertama pula di dunia yang berhasil mendirikan Perguruan Tinggi, yaitu Universitas ‘Aisyiyah.

Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution, MA, Ketua PWM Sumut dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih atas kinerja ‘Aisyiyah yang begitu bersemangat mengelola dan membina puluhan TK yang ada di wilayah Sumatera Utara. Tidak hanya gurunya saja yang ada di TK tersebut tetapi Pimpinan Majelisnya juga senantiasa ada di TK tersebut. Sesuai dengan adanya kata “mencerahkan” dalam tema milad ini Hasyimsah Nasution menjelaskan bahwa mencerahkan berarti  Tanwir, Nuur. Maka beragama yang mencerahkan adalah beragama yang menggembirakan. Gembira karena Allah bersama mereka,  gembira kalau beramal sholeh , Allah menjanjikan surga. Karena dengan agama juga orang bisa melihat mana yang batil dan mana yang haq (benar).  Mencerahkan Juga memaknai bahwa  agama  dipahami sebagai Ummatan Washata yaitu yang ditengahkan yang bermakna baik, menjadi saksi ditengah melakukan perubahan-perubahan yang positif . Selanjutnya Hasyimsah Nasution juga menyampaikan bahwa agama sebagai problem solving bukan pembuat masalah dan Agama menganjurkan untuk iqra yaitu membaca karena dengan membaca baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis manusia menjadi cerdas memiliki pengetahuan dan bertanggung jawab.

Gubernur Propinsi Sumatera Utara, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Propinsi Sumatera Utara dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara ini, karena ini merupakan hal yang penting dan strategis untuk mengkaji ulang keberadaan dan peran serta ‘Aisyiyah di tengah-tengah masyarakat. Milad ‘Aisyiyah ke- 102 merupakan momentum untuk menilai sampai sejauh mana para pengurus dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam membina dan meningkatkan keimanan umat Islam dan Gubernur propinsi Sumatera Utara memberikan penghargaan kepada ‘Aisyiyah yang telah memberikan kontribusi positif dalam pengembangan dan peningkatan pemberdayaan organisasi ‘Aisyiyah dalam mewadahi kemajuan organisasi perempuan di Sumatera Utara.

Setelah pengajian  dari Ustad Faisal dan Hj. Hanifah yang  membahas tentang kebanggaannya menjadi kader ‘Aisyiyah, dan menyampaikan pentingnya ‘Aisyiyah bagi kemajuan bangsa, acara dilanjutkan dengan peragaan busana muslimah oleh Ranting ‘Aisyiyah Gg. Bandung, kemudian pemilihan busana ‘Aisyiyah terbaik untuk 6 orang anggota ‘Aisyiyah, antara lain dimenangkan oleh PDA Deli Serdang dan Majelis Dikdasmen PWA. Yang sangat menggembirakan 1 orang anggota ‘Aisyiyah memperoleh lucky draw perjalanan umrah dari PT. Almeerah  Plaza Tour dan Travel. (PWA Sumut/LPPA PWA Sumut)

 

 

Shared Post: