'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Geliat Kewirausahaan di Ranting 'Aisyiyah Kampung Baru Gunung Sitoli PDA Nias
22 Januari 2019 16:14 WIB | dibaca 231

Dari sisi penciptaan manusia tidak ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki karena dalam Islam diajarkan  bahwa perempuan dan laki-laki adalah setara dan sederajat. Keduanya sama-sama diciptakan untuk menjadi khalifah fil ardh (the moral agent) demi melakukan upaya-upaya transformasi dan humanisasi (amar ma’ruf nahy munkar) yang tujuan akhirnya membangun masyarakat yang maju, damai dan sejahtera dalam ridha Allah (baldatun thayyibah wa rabbun ghafur). Untuk tujuan yang mulia ini Tuhan telah menganugerahkan seperangkat potensi dan kemampuan kepada keduanya agar mampu berkiprah seoptimal mungkin dalam kehidupan di dunia dengan tujuan memperoleh kebahagiaan abadi di akhirat nanti.

Perempuan memiliki sejumlah keunggulan dibanding laki-laki. Umumnya mereka lebih tekun bekerja, lebih teliti dalam melihat peluang kerja, lebih hemat dalam pengeluaran keuangan dan lebih peka terhadap kebutuhan anggota keluarga. Salah satu bidang kehidupan yang cukup terjal dijalani kaum perempuan di Indonesia adalah bidang ekonomi. Masyarakat terlanjur memahami bahwa dunia ekonomi adalah dunia laki-laki. Tidak heran jika sejumlah regulasi dan kebijakan publik hanya menempatkan perempuan sebagai pekerja tambahan, bukan sebagai pekerja utama. Meski perempuan merupakan pencari nafkah utama dalam keluarga, tetap saja dianggap sebagai pencari nafkah tambahan.

Untuk pembinaan di bidang kewirausahaan ini , ibu-ibu Pimpinan Ranting 'Aisyiyah Kampung Baru Gunung Sitoli Nias,  dalam rangka kegiatan akhir Tahun 2018 memanfaatkan waktu dgn membuat kue kering, macam-macam  cake, minuman-minuman yang dijual untuk umum. Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kewirausahaan ibu-ibu  anggota 'Aisyiyah, yang dikelola oleh Majelis Ekonomi dan Tenaga Kerja.

Omzet penjualan hari pertama mencapai 10 juta rupiah .Tujuan kegiatan juga adalah memupuk rasa kebersamaan dan persatuan dlm organisasi, disamping juga menambah pendapatan pribadi. ( PRA Kampung Baru Gunung Sitoli, PDA Nias)

Shared Post: