'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Gerakan Literasi Dalam Keluarga Milineal Tema Pengajian di PDA Deli Serdang
25 Maret 2019 17:47 WIB | dibaca 219

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Deli Serdang mengadakan pengajian pada tanggal 17 Maret 2019 di Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Pancur Batu, tepatnya di Mesjid Taqwa Pancur Batu.  Pengajian ini merupakan agenda rutin PDA Deli Serdang yang diadakan setiap bulannya.

Pada pengajian kali ini, yang menjadi pemateri adalah Ibu Laila Sari S. Psi, M. Pd. Dengan tema pengajian "Gerakan Literasi Dalam Keluarga Milineal". Pemateri memaparkan bagaimana peran ibu dalam mengembangkan  literasi dasar dalam keluarganya. Ada 6 dasar literasi. yaitu, Literasi Baca dan tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Finansial, Literasi Digital dan Literasi Budaya dan Kewargaan. Dan di akhir materi beliau berpesan agar perempuan- perempuan harus dapat meninggalkan jejak yang baik dalam kehidupan keluarganya. Beliau juga menambahkan, berbahagialah menjadi seorang perempuan, karena di waktu kecil menjadi pembuka pintu syurga bagi orang tuanya. Ketika menikah menjadi penyempurna agama bagi suaminya. Dan ketika menjadi ibu, lisan dan perilakunya menjadi media pendidik generasi, doanya sebagai keran keberkahan bagi anak-anaknya.

Dalam sambutannya, Ketua PDA Deli Serdang, Ibu Yenny Dermawan menyampaikan bahwa literasi tidak hanya memahami membaca dan menulis tapi sangat luas maknanya. Termasuk dalam segala aktivitas yang terjadi dalam kehidupan kita. Contohnya dalam kita memahami tahun politik sekarang ini. Sebentar lagi tepatnya tanggal 17 April 2019, kita akan menggunakan hak suara kita dalam menentukan pilihan. Supaya tidak salah dalam memilih, ada 4 tahapan yg harus kita pahami. yaitu, Partai dan Calonnya nya harus Islam, seberapa besar peluang menangnya, apa manfaatnya terhadap organisasi khususnya dalam konteks organisasi ‘Aisyiyah, dan apa komitmennya dalam organisasi. Ibu Yenny Dermawan juga berpesan agar seluruh anggota ‘Aisyiyah jangan "GOLPUT". Perempuan sudah saatnya menggunakan hak suaranya. Jangan urusan dapur menjadi penghalang hak suara. Karena satu suara menentukan masa depan kita dan generasi penerus kita.

Pada kesempatan ini juga hadir Bapak H. Hendra Cipta, SE. Beliau adalah Wakil Sekretaris Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PW Muhammadiyah Sumut dan Sekretaris Umum Dewan Pimpinan wilayah Sumut Partai Amanat Nasional yang saat ini juga menjadi salah satu Calon Legislatif dari Daerah Pemilihan Deli Serdang. Beliau menyampaikan bahwa ‘Aisyiyah harus menjadi pemilih yang cerdas. Harus mampu melihat kualitas dari calon legislatif yang akan dipilih. Karena pada saat ini, kita dihadapkan pada fakta bahwa begitu banyak Anggota Dewan yang duduk dalam jabatannya namun sampai detik ini masih tidak dapat memahami apa tugas dan fungsi sebagai Anggota Dewan yang merupakan perwakilan suara rakyat. 

Seperti biasa, rangkaian acara pengajian di buka oleh protokol dari PCA Pancur Batu, Ibu Yessy. Dilanjutkan dengan  pembacaan kalam ilahi dari PCA Lubuk Pakam, Ibu Zuraidah Hati. PDA Deli Serdang sengaja mengambil tema "Gerakan Literasi Dalam Keluarga Milineal"  dengan bertujuan  untuk menggali minat tulis bagi seluruh anggotanya. (PDA Deli Serdang)

Shared Post: