'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Inspirasi Idul Adha, Nenek Penjual Jagung Itu Adalah Anggota 'Aisyiyah Daerah Labuhan Batu Utara
12 Juli 2020 08:30 WIB | dibaca 314

Labuhan Batu Utara, 9 Juli 2020, Inspirasi bagi warga 'Aisyiyah Labuhan Batu Utara justru datang dari seorang nenek penjual jagung rebus. beliau adalah Nur Soliati berusia 58 tahun, warga Lingkungan III Kelurahan Aekkanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura). Setiap hari Sepeda tua yang dituntun janda dengan 6 cucu tersebut, menjadi saksi setia yang menemani Nur Solati menyusuri jalanan dari ujung Asahan hingga Labura. Selain faktor usia yang tidak lagi muda, menuntun sepeda lebih memudahkan wanita yang memiliki 2 orang anak itu untuk melayani para pembeli. Sepeda tua yang dituntun janda dengan 6 cucu tersebut, menjadi saksi setia yang menemani Nur Solati menyusuri jalanan dari ujung Asahan hingga Labura.

Setiap hari si Nenek Tua mengumpulkan uang lembaran pecahan Rp. 1.000 hingga Rp.10.000, dan hasil penjualan jagung dan kacang rebus disusun  rapi bahkan terkadang diseterika dan dimasukkan dalam sebuah kaleng biskuit . Uang tersebut digunakan untuk kurban yang dilaksanakannya setiap hari raya Idul Adha. Ketua Korps Mubaligh Muhammadiyah Kabupaten Labura, Ustadz Harun, bercerita bagaimana Nur Solati berkurban setiap tahun dan hal tersebut sudah dilakukannya semenjak dirinya menetap di Aekkanopan pada tahun 1995. Bu Nur Solati adalah orang yang paling menginspirasi terkait kurban.

Nur Hidayati, 45, warga Aekkanopan juga mengatakan bahwa ibu Solati adalah anggota  yang aktif di pengajian 'Aisyiyah setiap hari Selasa dan Sabtu itu, dan kalau ada acara Muhammadiyah selalu ikut walaupun ibu Solati termasuk orang yang pendiam. ( PDA Labuhan Batu Utara)

 

Shared Post: