'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB, MDMC &HIMPSI Bersinergi Membantu Korban Banjir Bandang
04 Januari 2021 07:38 WIB | dibaca 76


Medan, 16 Desember 2020, Daerah aliran sungai Deli yang membelah kota Medan memang sejak lama telah dihuni oleh sebagaian warga kota Medan terutama pendatang dari luar kota Medan. Mereka menyadari bahaya yang selalu mengintai mereka, tapi inilah potret kehidupan dibalik megahnya bangunan rumah dan gedung yang menutupi keberadaan mereka. Banjir tanggal 4-5 Desember 2020 telah menguak keberadaan mereka yang tinggal disepanjang sungai jl. Badur. Harta dan tempat tinggal yg mereka bangun ludes tersapu banjir. Banjir ini hanya menyisahkan kisah duka tapi hidup terus berlanjut. Mereka membersihkan dan mengais barang tersisah yg masih layak digunakan.

Pada tgl 16 Desember 2020, LLHPB dan MDMC Wilayah Sumatera Utara menggandeng  Himpsi Wilayah Sumut untuk membantu dan memberikan dukungan psikologis pada warga terdampak. Pada kesempatan ini Himpsi memberikan bantuan 100 paket bahan pokok kebutuhan warga, menurunkan 10 psikolog untuk memberikan Psikoedukasi kebencanaan,Games, psikodrama, Pojok Konseling, dan layanan pemeriksaan kesehatan. Pada kesempatan ini LLHPB dan MDMC memberikan 200 Snack dan makan siang serta baju layak pakai, dukungan spiritual  yang kesemua di terima warga dengan sukacita dan keharuan.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan LLHPB untuk assessment dan mapping daerah rawan bencana, serta dampak yang ditimbulkannya bagi kehidupan manusia. Kondisi warga disepanjang aliran sungai Deli  ini sudah membutuhkan penanganan yang lebih serius dan segera. Sri Ngayomi Sekretaris LLHPB PWA Sumut menghimbau kepada pemerintah dan unsur masyarakat lainnya untuk menata kembali rumah warga agar layak huni dan ramah anak. Di tempat yang berbeda ketua LLHPB ibu Dra Jamila, M.Pd menghimbau agar Sinergi antara LLHPB, MDMC, dan HIMPSI  ini bersifat sustainable untuk mewujudkan One Muhammadiyah One Respon (Sri Ngayomi YW, M.Psi. Psikolog, Sekretaris LLHPB PWA Sumut - LPPA Sumut)

Shared Post: