'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB SUMUT AJAK TANAM POHON DAN SAYURAN DI SETIAP RUMAH WARGA AISYIYAH DAN AMAL USAHANYA.
20 Desember 2021 20:46 WIB | dibaca 70

 

                                   

Jumat 17 Desember 2021, LLHPB PWA Sumut melakukan penanaman sayur dan pohon dengan sistem pola asuh yang merupakan turunan program LLHPB PPA,  bersama Sahabat Nabati dan Lazizmu yang saat ini masih berjalan dengan penuh semangat dan kegembiraan. Penanaman sayuran disetiap halaman warga Aisyiyah disambut baik, sehingga saat ini tidak hanya anggota yang mengikuti program saja tapi makin hari makin banyak warga Aisyiyah yang menanam sayuran di halaman dan teras rumahnya mengantikan tanaman bunga. Menyikapi program Menanam Pohon dan sayuran dengan sistem  pola asuh , Ketua PWA Sumut Hj Elynita mengatakan “ Progam yang sangat baik ini jangan sampai disini saja, buat sistem berkelanjutan setiap warga Aisyiyah minimal menanam 2 jenis sayuran dirumahnya maksimal menanam 1 pohon bermanfaat. Terlebih lagi saat ini banyak terjadi bencana dimusim penghujan maka dengan menanam bisa mengurangi resiko bencana…..” yang disambut baik oleh semua unsur pengurus saat rapat pleno.

Kegiatan penanaman pohon di PDA Deli Sedang dilaksanakan oleh  PCA Pancur Batu dan PDA Medan di PCA Percut dan PCA Sunggal yang masih memiliki lahan yang cukup luas  . Bersama ibu-ibu kelompok tani daerah setempat dilaksanakan dengan penuh semangat meskipun dari beberapa ibu-ibu memiliki tugas rutin sebagai pegawai, guru, dosen, pedagangdan sebagai ibu rumah tangga.  Menanam memang sudah dilakukan oleh kelompok tani Aisyiyah dan sudah dapat dirasakan hasilnya terutama dalam masa pandemic Covud-19, selain untuk kebutuhan keluarga juga bisa di jual dan bersedakah.Dengan hadirnya program penanaman pohon dan sayur dengan sistem pola asuh ini mendapat respon dan sambutan yang sangat baik dari ibu-ibu aisyiyah tersebut dan didukung juga oleh ketersediaan lahan Lahan sehingga memungkinkan ibu-ibu PCA ini untuk melaksanakan program penanaman pohon dan sayur dengan sistem pola asuh ini.

 Penanaman 500 bibit pohon oleh PCA Percut Sei Tuan dilaksanakan tanggal 12 Desember 2021oleh kelompok Ibu Patimah dan Ibu Murni, Sekolah Mis Aisyiyah dan MTs Aisyiyah Sumutdengan berbagai jenis tanaman misal Rambutan, Belimbing , mangga, Pokat, sawoh. Penanaman oleh PCA Pancur batu dilaksanakan tanggal 3 Desember 2021 yang dipelopori oleh ibu Salma Tanjung.  Dan kelompok  PCA Sunggal   Ibu Laila Abdi pada tanggal 16 Desember 2021 di rumah warga dan lahan Mesjid Taqwa Sunggal yang menanam Matoa serta pohon  buah yang lain. Disamping itu pohon-pohon ini juga ditanam di pekarangan rumah warga Aisyiyah baik langsung ke tanah maupun menggunakan pot besar seperti mangga Thailand, belimbing, sawo, jeruk, dan lainnya. (PolaAsuhPohonDanSayur ; Ijah-Yomi:LLHPB PWA Sumut).

Shared Post: