'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LPPA PWA Sumut Mengupas Profesional dan Amanah Menuju 'Aisyiyah Berkemajuan di Pengajian PWA Sumut
30 Juni 2020 17:08 WIB | dibaca 77

 

Medan, 27 Juni 2020, PWA Sumatera Utara memulai kegiatan Pengajian PWA Sumatera Utara melalui daring, dan untuk yang pertama kali LPPA PWA Sumatera Utara diamanahkan untuk memberikan pengajian tersebut. Tema menantang yang diberikan oleh PWA Sumut, yaitu Profesional dan Amanah Menuju 'Aisyiyah Berkemajuan disajikan oleh Ketua LPPA Sumatera Utara, Dr. Sulhati, MA, dan dilengkapi dengan materi yang kedua Cerdas Memahami Media Informasi diberikan oleh Wakil Ketua  LPPA PWA Sumut, Dr. Amini, M.Pd. Sebagai host dalam acara ini di pandu anggota LPPA PWA Sumut,  Ibu Kusmilawati, SE, M.Ak dan sebagai Moderator, juga anggota LPPA PWA Sumut, Ibu Fitriani Lubis, M.Pd.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat sl-Quran oleh Koordinator LPPA PWA Sumut, Ibu, Dra. Emita Sabri, M.Si, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua PWA Sumut, Ibu Hj. Elinita. Beliau menyampaikan ucapan syukur karena bisa melaksanakan pengajian PWA Sumut ini. Pengajian ini membuktikan kita 'Aisyiyah tetap bergerak walaupun dalam suasana Pandemi, secara terus menerus kita tidak berhenti untuk membantu masyarakat, warga Muhammadiyah dan warga Non Muhammadiyah yang terkena dampak covid-19. Pengajian ini dilaksanakan sesuai dengan himbauan dari Pimpinan Pusat 'Aisyiyah yang berlaku untuk 'Aisyiyah se-Indonesia dengan nama Gerakan Pengajian Perempuan 'Aisyiyah. Kita harus tetap istiqomah dengan apa yang selalu disampaikan PPM baik melalui surat edaran maupun secara langsung lewat  virtual, tentang tata cara ibadah selama Pandemi ini. PPM sudah membuat beberapa panduan dan ibadah yang sudah dekat waktunya adalah ibadah Qurban / Idul Adha, panduan tersebut  harus kita ikuti dan kita patuhi. Diakhir sambutan Ketua PWA mengharapkan agar LPPA PWA Sumut segera merealisasikan buku Profil 'Aisyiyah Sumatera Utara.

Ibu Dr. Sulhati, MA memulai materinya dengan pertanyaan siapa yang disebut dengan profesional, dan apakah Pimpinan  'Aisyiyah dapat dikatagorikan sebagai orang yang profesional. Sulhati mengemukakan beberapa indikator menurut para ahli tentang keprofesionalan, antara lain memiliki skill, knowledege dan attitude, maka tidak dapat dibantah bahwa Pimpinan 'Aisyiyah adalah seorang yang profesional. Pimpinan 'Aisyiyah menjalankan tugasnya tidak hanya profesional tetapi juga amanah. Sulhati mengatakan bahwa amanah dimulai dari diri sendiri sebagai manusia, karena manusia yang terlebih dahulu diberikan amanah oleh Allah SWT sebagai khalifah dibumi. Dengan rasional dan nilai serta etika,  manusia mempunyai kewajiban untuk tidak berkhianat kepada Allah dan Rasulullah dalam memegang kendali  menjalankan amanah kepada makhluk lainnya dialam semesta ini. Diakhir materi Sulhati menyampaikan Pimpinan dan warga 'Aisyiyah secara profesional dan amanah harus terus bergerak maju sesuai dengan pokok-pokok pikiran 'Aisyiyah Abad ke-dua.

Materi yang kedua, Cerdas Memahami Media Informasi diawali  oleh Ibu Dr. Amini MA dengan kalimat pertanyaan juga, yaitu Mengapa Harus Bijak Dalam Bersosial Media ? Beliau menjelaskan  bahwa apabila kita bijak dalam bersosial media maka  kita dapat menghindari informasi hoax, warga 'Aisyiyah harus dapat membedakan mana berita yang pantas untuk umum, untuk diri dan untuk keluarga. Oleh karena itu perlu dilakukan recheck kebenaran dari sebuah informasi. Kalaupun kita ingin sekali untuk memposting suatu berita, maka pakailah konten-konten edukatif yang bermanfaat untuk pembaca. Amini menutup materinya dengan kalimat dengan literasi kita dapat mengakses , memahami, menggunakan dan berkarya, Kemampuan literasi abad 21 adalah berpikir kritis, berpikir kreatif, pemahaman konseptual dan mempunyai kompetensi kerjasama. ( LPPA PWA Sumut)

Shared Post: