'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Menguatkan Semangat, Cinta dan Identitas Kader Aisyiyah Berkemajuan, Tema Pengajian di PDA Deli Serdang
21 November 2020 20:57 WIB | dibaca 77

Lubuk Pakam, 19 Nopember 2020, telah terlaksana program Gerakan Perempuan Aisyiyah Mengaji Pimpinan Daerah Aisyiyah Deli Serdang dengan tema “ Menguatkan Semangat, Cinta dan Identitas Kader Aisyiyah Berkemajuan", secara virtual dengan aplikasi Zoom.

Pengajian di buka oleh protokol ibu Salma Tanjung Spd, dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur'an oleh Bendara MPK PDA Deli Serdang, ibu Nanniwar Marpaung Spd. Ucapan selamat datang disampaikan oleh Ketua MPK PDA Deli Serdang ibu Zulkhaidah Spd dan dalam sambutannya beliau  menyampaikan bahwa permasalahan yang di hadapi oleh PDA Deli Serdang adalah kurangnya  kader-kader yang militan, yang memahami peraturan organisasi sehingga diharapkan tidak menimbulkan ketidak patuhan terhadap gerakan organisasi.

Ketua PDA Deli Serdang, Ibu Yenny Dermawan, dalam bimbingan dan arahanya menyampaikan bahwa ditengah wabah covid-19 ini Allah memberikan hikmah yang sangat luar biasa, sebelumnya kita tidak menyangka dengan berdiam diri di rumah kita dapat bertatap muka dengan para sahabat yang ada di berbagai daerah dengan membahas berbagai ilmu  berkemajuan melalui virtual, webinar atau yang lain nya.

Hal ini membuktikan bahwa gerakan Aisyiyah di bidang Dakwah tidak pernah terhenti dalam situasi dan kondisi apapun. Walaupun di satu sisi kekurangan kader tapi tidak membuyarkan fokus kita dalam menjalankan program maupun roda organisasi. Kita berharap dengan terus terlaksananya program gerakan perempuan Aisyiyah Mengaji yang berkemajuan akan  menjadikan kader Aisyiyah menjadi perempuan yang berkemajuan, yang memahami gerakan organisasi, mempertegas identitas diri sehingga terus dapat memperkuat semangat dan cinta terhadap organisasi.

Nara sumber dari pengajian ini adalah Korbid MPK PWA Sumut ibu Nur Rahmah Amini,M.Ag. Beliau menyampaikan 10 Identitas Karakter Kader Muhammadiyah, yaitu : 1) Kader harus pahami Islam dan Muhammadiyah. 2) Ikhlas bekerja dengan sebaik baiknya. 3) Al A’mal, mengamalkan Islam untuk keluarga dan pribadi. 4) AlJihad, mempunyai semangat jihad. 5) Bersedia berkorban waktu, tenaga, harta dan pikiran. 6) Al'Jamaah, kebersamaan. 7) At'Thaat, loyalitas kepatuhan 8) Ukhuwah, persaudaraan. 9) Istiqomah, konsisten teguh pendirian. 10)  Produktif, dimana pun berada tetap menjalankan dakhwah, tidak menyembunyikan identitas kader Muhammadiyah.

Apabila semua kader memiliki 10 karakter di atas maka niat berorganisasi memiliki makna yang ikhlas artinya seluruh kader atau warga Aisyiyah harus meluruskan niat dan tujuan ikut dalam organisasi sehingga menumbuhkan semangat , cinta dan identitas kader Aisyiyah yang berkemajuan.  Dan yang paling penting bagaimana kita bisa mentadaburkan Alquran nilai nilai ajaran Islam itu bisa di interpretasikan dengan muamalah duniawiyah.

Kemudian pengajian di lengkapi dengan tanyak jawab peserta kepada pemateri. ( MPK PDA Deli Serdang, Sumber Berita Yenny Dermawan, Ketua PDA Deli Serdang )

Shared Post: