'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PD 'Aisyiyah Deli Serdang Berharap Terwujudnya PERDA TBC di Kabupaten Deli Serdang
14 Maret 2019 15:25 WIB | dibaca 299

Penyakit TBC  disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium Tuberculosis.  Penyakit Tuberculosis selain menyerang paru dapat juga menyerang tulang, kelenjar bahkan otak. Ditularkan melalui udara secara langsung dari penderita TBC kepada orang lain. Pada tahun 2017 terdapat 10.4 juta kasus  TB yang setara dengan 120 kasus per 100.000 penduduk . Lima negara dengan jumlah kasus tertinggi yaitu India, Indonesia,  China, Philipina dan Pakistan dan Indonesia menempati urutan kedua kasus terbanyak di dunia setelah India. Di Indonesia  TB paru menduduki urutan ke 4 untuk angka kesakitan sedangkan sebagai penyebab kematian menduduki urutan ke 5. Menyerang sebagian besar kelompok usia produktif dari berbagai kelompok sosial ekonomi. Jumlah kasus baru TBC di Indonesia sebanyak 420.994.

Kasus TBC di Kabupaten Deli Serdang menurut data dari  Dinas Kesehatan Kabupaten  Deli Serdang pada tahun 2018 diperkirakan  kasus TBC SO berjumlah 3259 kasus, kematian karena  TB SO ada 14 kasus dan TB RO ada 33 kasus dan untuk  TBC dengan HIV positif 43 kasus.  Dijumpai  kasus RO sebanyak 89 kasus  Puskesmas yang  menemukan kasus TB di Kabupaten Deli Serdang adalah Puskesmas Bandar Khalifah 216 kasus, Puskesmas Mulyorejo 215 kasus dan  Puskesmas Tanjung Morawa 190 kasus. 

TBC selain berdampak pada kesehatan juga melemahkan kondisi ekonomi dan sosial . Alhamdulillah dengan dukungan Global Fund 'Aisyiyah dapat mengambil peran dalam upaya eliminasi TBC di Kabupaten  Deli Serdang. Selain itu Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Deli Serdang ikut berperan dalam terbitnya  PERBUP no 511 tahun 2017 tentang Penanggulangan TBC dalam Rencana Aksi Daerah. Sebagai Refleksi program di akhir tahun 2018 PDA Deli Serdang bekerjasama dengan semua pihak yaitu Dinas Kesehatan , Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang peduli terhadap TBC, Lembaga NGO  di Kabupaten Deli Serdang membahas terwujudnya Perda TBC di Kabupaten Deli Serdang yang dilakukan pada tanggal 6 Desember 2018 di Aula Hapsari Lubuk Pakam.

Pada pertemuan tersebut Ketua PD 'Aisyiyah Deli Serdang  Yenny Dermawan menyampaikan pentingnya semua pihak  bekerjasama untuk mengambil langkah-langkah  penanggulangan yang segera untuk menekan penyebaran TBC.   

Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Bapak Hatorangan Kepala Seksi Penyakit Menular menyampaikan dukungannya terhadap 'Aisyiyah yang sudah sangat luar biasa kiprahnya dalam penanggulangan TBC di Kabupaten Deli Serdang. Bapak Padian Adi S.Syahputra menyampaikan bahwa Naskah Akademik untuk pembahasan Perda  sedang digodok, selanjutnya melihat peluang apakah dapat diwujudkan  melalui kerja sama DPRD atau Eksekutif langsung mengingat tidak mudah untuk mewujudkan PERDA TBC di Kabupaten Deli Serdang. (PDA Deli Serdang )

Shared Post: