'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PDA Deli Serdang Mengikuti Pelatihan Fasilitator Intervensi Desa Program Penanggulan TBC.
23 Juni 2020 19:17 WIB | dibaca 238

Lubuk Pakam, 20 Juni 2020, PDA Dan SSR Community TB-Hiv Care 'Aisyiyah Deli Serdang bersama 3 PCA dilingkungan PDA Deli Serdang yaitu, PCA Bangun Purba, PCA Tanjung Morawa dan PCA Persiapan Pagar Merbau telah mengikuti Pelatihan Fasilitator Desa-Round 3 secara virtual yang dilaksanakan oleh PR TBC  'Aisyiyah Pusat pada tanggal 15-19 Juni 2020. Pelaksanaan  virtual di Sekretariat PDA Deli Serdang Jln.  Diponogoro no 1 Kompleks Mesjid Taqwa Lubuk Pakam.  Gerakan ta'awun yang dilakukan oleh 'Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah mempunyai kewajiban untuk berperan dalam pemberantasan TBC.

'Aisyiyah bekerja keras untuk mengeliminasi TB melalui investigasi kontak dan beberapa program penjangkauan komunitas termasuk melalui lingkungan agama, pertemuan lingkungan sekitar, dan jangkauan untuk menyasar populasi termasuk di area perdesaan dan popoulasi padat penduduk. Untuk merealisasinya PR TB 'Aisyiyah Pusat merekrut calon fasilitator desa yang dilatih selama 5 hari, dalam pelatihan fasilitator desa Round- 3 terdiri dari Sumut, Sulsel dan Papua Barat. PDA Dan SSR Community TB-Hiv Care Aisyiyah Deli Serdang termasuk Wilayah Sumut.

Pelatihan ini bertujuan untuk, 1) Mensosialisasikan dan memberikan pemahaman terkait Islam berkemajuan dalam konteks organisasi perempuan Muhammadiyah. 2) Mensosialisasikan program PR TBC 'Aisyiyah. 3) Mensosialisasikan panduan intervensi desa. 4) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para fasilitator desa. 5) Melakukan sinegritas program intervensi desa sebagai gerakan 'Aisyiyah sehat. Diperlukan pemahaman dan strategi khusus untuk menjadi fasilitator desa, karena melibatkan semua elemen tingkat desa seperti pemangku jabatan di desa, petugas kesehatan, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.



Ketua PDA Deli Serdang, Yenny Dermawan berkesempatan menyampaikan kesan dan pesan mewakili PDA sebagai kata penutup dalam pelatihan ini. Beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan pelatihan ini, karena  pelatihan merupakan yang pertama dilaksanakan secara virtual. Mas Anas dan Mbak Ana Bunga sebagai moderator selalu riang  menghidupkan susana virtual. Semoga dengan memahami Isi materi yang luar biasa, menjadi modal bagi para peserta menjadi fasilitator desa. PDA Deli serdang berharap dari pelaksanaan pelatihan ini adanya pendampingan advokasi dari kelanjutan program ini agar dapat meninjau sejauh mana program ini berhasil di jalankan.Bukan hanya sebagai seremonial saja. PDA Deli Serdang mengucapkan terima kasih kepada PR TBC 'Aisyiyah Pusat yang telah melaksanakan pelatihan fasilitator intervensi desa dalam program penanggulan TBC. (PDA Deli Serdang, Editor Ketua PDA Deli Serdang, yenny Dermawan)

Shared Post: