'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PDA Kota Medan dan TB Care Kota Medan Bersilaturrahim ke Fraksi PAN DPRD Kota Medan, Loloskan PERDA TB di Kota Medan
29 Februari 2020 07:41 WIB | dibaca 328

 

TB Care ‘Aisyiyah Kota Medan bersama dengan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kota Medan, PD Muhammadiyah Majelis Hukum dan HAM Medan dan Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM), melakukan silaturahim dengan Fraksi PAN DPRD KOTA MEDAN, dengan agenda Pembicaraan Isu Tuberculosis serta mengusulkan PERDA TB di Kota Medan, di ruang Pertemuan Fraksi PAN DPRD Kota Medan, pada hari Selasa tanggal 25 Pebruari 2020.

Penyakit Tuberculosis (TBC) di Kota Medan sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan, ada pasien yang ditemukan selama ini tinggal di gubuk kecil bekas kandang kambing di daerah Belawan. Susahnya perekonomian yang dialami Pasien tersebut dari statusnya yang awalnya Pasien TB biasa, meningkat menjadi Pasien TB MDR (Multiple drug-resisten TB). Selama menjalani pengobatan, kurangnya makanan bergizi dan sehat sebagai makanan tambahan serta lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat, ini yang menjadi kendala pasien TB dalam proses penyembuhan, ungkap Kholisanni Nasution Ketua PD ‘Aisyiyah Kota Medan.

Sementara itu, Muhammad Irsyad sebagai Koordinator Program TB Care ‘Aisyiyah Kota Medan mengatakan bahwa "TBC lebih berbahaya dari penyakit lain dikarenakan bisa menular lewat udara. Kita berada di Pasar, Mall, dimanapun yang ramai bisa saja tertular TBC. Maka perlu adanya sinergi antara Pemangku Kepentingan yaitu DPRD bersama Lembaga Penanggulangan TB khususnya 'AISYIYAH untuk sama-sama membuat suatu kebijakan yang mengikat agar Penanggulangan TBC di Kota Medan ini dapat teratasi bersama-sama dan mencapai Eliminasi TB pada 2030. Harapannya dapat dibuat kebijakan khusus Penyakit Tuberculosis melalui Peraturan Daerah (PERDA) dan bersinergi dengan Aisyiyah Kota Medan dalam penanggulangannya".

Padian Adi S Saputra Ketua Majelis Hukum & HAM PD Muhammadiyah Kota Medan menambahkan, Kota Medan sudah ada PERWAL No. 85 Tahun 2017 Tentang Penyakit Tuberculosis dan akan berakhir 2021. Namun pelaksanaannya belum maksimal dirasakan masyarakat dengan bukti masih banyak masyarakat yang merasa belum memahami Penyakit TBC dan belum mampu dalam pencegahan dan penularan penyakit TBC. Maka, harus ada evaluasi bersama dari hasil pelaksanaan PERWAL tersebut selama ini dan strategi baru agar Eliminasi TBC ini bisa lebih maksimal di Kota Medan.

Ketua Fraksi PAN DPRD Medan, Edwin Sugesti Nasution, siap membantu dan bekerjasama untuk penanggulangan TBC khususnya di Kota Medan ini agar dapat diatasi bersama-sama untuk masyarakat Kota Medan yang lebih sehat. ( PDA Kota Medan dan TB CARE Kota Medan )

Shared Post: