'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pelatihan Kader Community TB-HIV Care 'Aisyiyah Kabupaten Langkat
20 April 2019 15:49 WIB | dibaca 248

 

SSR TB - HIV  'Aisyiyah Langkat  telah selesai melaksanakan pelatihan kader  TB untuk angkatan ke 4 pada tgl 11 - 13 April 2019 di Stabat. Pelatihan kader TB  ini adalah penambahan kader yang baru untuk Kecamatan : Binjai , Secanggang , Hinai , Batang Serangan , Tanjung Pura , Gebang dan Babalan . Dan ditambah 1 Kecamatan sebagai area kerja yang baru , yaitu Kecamatan Pangkalan Susu. Penambahan kader dirasa perlu karena masih banyaknya kasus TB yang belum terungkap. Peserta pelatihan ini berjumlah 28 orang . Para kader TB ini berasal dari anggota 'Aisyiyah dan juga masyarakat umum atas rekomendasi dari pihak Puskesmas.

Acara pembukaan diisi dengan kata sambutan dari ketua PDA Langkat ibu Sukamty dan juga sebagai narasumber dihari pertama . Beliau mengatakan bahwasanya 'Aisyiyah ini merupakan gerakkan Dakwah Amar Makruf Nahi Mungkar .Dan dalam penanggulangan TB  ini 'Aisyiyah mengacu pada surat Al Ma'un , yang secara umum artinya adalah, pasien TB ini adalah orang orang yang lemah, lemah ilmu pengetahuannya dan juga lemah secara ekonomi . Untuk itu ' Aisyiyah bersama para kader TB harus bisa membantu mereka memberi pengetahuan tentang TB serta memantau dan membantunya dalam penuntasan pengobatannya .

Selanjutnya materi inti tentang TB secara lengkap disampaikan oleh dr.Azhari Zulkifli . Beliau memaparkan tentang tuberculosis dengan jelas dan lengkap dan sangat mudah dipahami / dimengerti oleh peserta .

Dihari ke 2 materi yang tidak kalah pentingnya untuk para kader , yaitu " Komunikasi Effective " oleh ibu Dra .Juni Astati , Kons.( Ketua Majelis .DikDasMen 'Aisyiyah Langkat ). Sesuai dengan judulnya , para peserta sangat terkesan dengan pemaparan yang disampaikan oleh  Juni Astati, sehingga peserta merasakan pentingnya cara berbicara dan gerak tubuh yang baik kepada siapa saja , terutama kepada pasien TB , karena pasien TB sangat sensitive sifatnya, Materi berikutnya adalah " Peran PMO " dalam keluarga oleh ibu Misiem , AMD ( petugas TB Puskesmas Stabat ). Disambung dengan materi " Pengetahuan tentang TB -HIV oleh ibu Karmila , SKM.MKes .

Acara ditutup dengan arahan dan penegasan oleh Aminah selaku kepala SSR Langkat .Beliau menegaskan kepada para peserta bahwasanya kader TB haruslah melaksanakan tugas ini dengan ikhlas , sukarela dan tidak mudah menyerah dengan berbagai halangan dan rintangan yang akan di temui dimasyarakat nantinya . 'Aisyiyah adalah gerakan dakwah yang berkemajuan . Untuk itu 'Aisyiyah mengajak masyarakat umum diluar kalangan 'Aisyiyah untuk sama sama berbuat kebaikkan , menolong orang orang yang butuh pendampingan dalam pengobatan Tuberculosis di Langkat ini .Untuk itu apapun yang dilakukan janganlah dijadikan bebab , dan selalu bersyukur dengan apa yang didapat . TOSS TB. Temukan Obati Sampai Sembuh TB nya .(PDA Langkat)

 

 

 

 

Shared Post: