'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pelatihan Kewirausahaan Dengan Pembuatan Briket di PDA Kota Pematangsiantar
28 Maret 2019 14:04 WIB | dibaca 183

Pada tanggal 23 Maret 2019, untuk  ke dua kalinya PDA Kota Pematangsiantar melaksanakan Pelatihan Kewirsusahaan dengan pembuatan Briket. Kegiataan pelatihan ini  dilaksanakan  di PCA Siantar Marihat. Pelatih dari pembuatan briket ini khusus didatangkan dari Kota Medan yaitu ibu Ir. Rena.

Sehubungan dengan persiapan pelatihan ini PDA Kota Pematangsiantar telah membeli alat pembuatan Briket sebanyak 2 unit dengan harga Rp. 8 juta. PDA Kota Pematangsiantar merencanakan melaksanakan  pelatihan ini di tiap PCA di lingkungan PDA Kota Pematangsiantar dengan tujuan  untuk menambah penghasilan warga 'Aisyiyah di  Kota Pematangsiantar

Bahan yang digunakan dari sampah daun kering dan daun basah serta tempurung ditambah lem dan air. Cara pembuatannya dimulai dari sampah kering terlebih dahulu dibakar lalu masukkan sampah basah secara perlahan-lahan di dalam tong pirolisa, selanjutnya  dibiarkan selama setengah jam terbuka lalu tong ditutup selama 4 jam. 

Setelah menjadi arang ditumbuk sampai halus dicamlur kanji yang sudah dimasak seperti lem lalu diadon dan dicetak di mesin pencetak, selanjutnya dijemur sampai kering dan setelah itu siap untuk dipasarkan. (PDA Kota Pematangsiantar)

Shared Post: