'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pelatihan Sistem Informasi Manajemen “TOMPRO”
30 April 2019 10:54 WIB | dibaca 205

‘Aisyiyah merupakah organisasi wanita Muslim yang didirikan pada tahun 1917 di Indonesia dan merupakan  organisasi keagamaan wanita nirlaba terbesar di Indonesia. Organisasi ini berfokus pada gerakan Islam, dakwah, dan tajdid di semua bidang kehidupan termasuk bidang kesehatan dan pendidikan. Dalam Periode Implementasi Baru (2018-2020), ‘Aisyiyah telah dipilih sebagai Penerima Utama (PR) Global Fund untuk melaksanakan “ Program Penanggulangan TB-HIV Komunitas’  mewakili Masyarakat Sipil Indonesia. ‘Aisyiyah bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kegiatan tingkat masyarakat dari Sub-Penerima (SR) sebagai perwakilan dari Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang saat ini mencakup 14 provinsi dan 130 kabupaten / kota di Indonesia.

Dalam Round New Implementing Period saat ini (R-NIP), untuk memenuhi persyaratan Global Fund, PR ‘Aisyiyah dan Sub-Penerima (SR) akan menggunakan solusi manajemen proyek, yaitu TOMPRO. Seperti dicatat dalam Laporan TOMPRO, software ini tidak dimaksudkan hanya untuk unit akuntansi tetapi untuk tim manajemen proyek. Untuk keberhasilannya PR ‘Aisyiyah mengadakan pelatihan untuk staf SR  di Jakarta Hotel Harris Tebet Jakarta Selatan  antara 22 April hingga 28 April 2019. Para peserta untuk pelatihan TOMPRO ini di tingkat PR adalah 16 orang yang termasuk Tim Manajemen, Tim Keuangan, Koordinator Program, Spesialis Medis dan Staf PSM. Peserta di tingkat SR adalah 42 peserta yang terdiri dari Koordinator Program dan Tim Keuangan.Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang baik tentang sistem  TOMPRO dan cara kerjanya untuk proyek.  Secara detail tujuan kegiatan ini : 1) Untuk memperkenalkan sistem (konsep dan arsitektur) software TOMPRO. 2). Untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang pemantauan anggaran dan akuntansi keuangan menggunakan TOMPRO. 3).Untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang laporan analisis dan laporan pencairan menggunakan TOMPRO. 4).Untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang komitmen pengadaan dan daftar aset tetap menggunakan TOMPRO.

Output dari pelatihan ini: 1). Staf di tingkat PR dan SR memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang software  TOMPRO. 2).Staf di tingkat PR dan SR mampu menggunakan software TOMPRO untuk pemantauan anggaran dan akuntansi keuangan. 3). Staf di tingkat PR dan SR mampu menggunakan software TOMPRO untuk proses pengadaan dan pendaftaran aset tetap. 4).Staf di tingkat PR dan SR mampu menggunakan software TOMPRO untuk proses pengadaan dan pendaftaran aset tetap. 5).Staf di tingkat PR dan SR mampu menggunakan software TOMPRO untuk laporan analisis dan laporan pencairan.

Narasumber untuk pelatihan ini adalah konsultan TOMPRO, Mr. Issiaka Diarra beliau adalah konsultan internasional dan pakar dalam teknologi informasi yang telah menerapkan TOMPRO selama lebih dari 20 tahun dan di Indonesia baru pertama kali digunakan oleh TB Care ‘Aisyiyah. (Koordinator Program TB Care ‘Aisyiyah Sumut)

 

 

Shared Post: