'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Penguatan Pemantauan dan Evaluasi Program Sistem Informasi Tuberkolosis Komunitas
08 Desember 2019 16:52 WIB | dibaca 64

MEDAN, 19-22 Novenber 2019 di Hotel Ibis SytleTB-HIV Care 'Aisyiyah Sumut telah melaksanakanPelatihan Teknis Sistem Informasi Tuberkolosis Komunitas (SITK). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai pencatatan dan pelaporan dengan menggunakan aplikasi software berbasis online dan offline, penguatan kapasitas staf ME SR selaku administrator dalam sistem pencatatan dan pelaporan tersebut serta coordinator SSR sebagai user dari aplikasi SITK sehingga mampu melakukan pencatatan dan pelaporan secara tepat waktu.

Melihat pertumbuhan jumlah sub-sub Recipient (SSR-di tingkat Kabupaten/Kota) yang terlibat dalam proyek NIP ini tidak adanya data collection staf, maka kemungkinan terjadi kesalahan dan duplikasi pada proses kompilasi data-data akan meningkat. Untuk mencegah hal itu, maka pengelolaan data yang cermat dan tepat sangat  penting. Kualitas sistem pencatatan dan pelaporan data perlu diperkuat dan ditingkatkan untuk memastikan pengukuran pencapaian program dengan benar.

Saat ini sedang dikembangkan dan diperbaharui Sistem Informasi Tuberkulosis Komunitas (SITK) sebagai software pencatatan dan pelaporan monitoring dan evaluasi. Sistem ini akan berfungsi untuk memperkuat pengelolaan informasi dan pelaporan untuk 'Aisyiyah. Untuk dapat menggunakan sistem tersebut dengan baik, maka perlu diperkuat kapasitas SDM dari Koordinator SR, 7 koordinasi SSR, Manajer kasus dan Staf ME di SR sehingga diharapkan sistem dapat dikelola dengan maksimal.

Turut hadir dalam Pelatihan teknis ini Trimawartinah, MKM dari PR TB 'Aisyiyah dan Dede dari konsultan SITK, Dra. Zubaidah Pohan dalam sambutannya berharap dengan adanya Pelatihan Teknis ini SR SUMUT lebih cepat dan akurat dalam mengirimkan laporan capaian indikator setiap bulannya.

Dalam kegiatan ini dipilih peserta terbaik dari yaitu Kordinator SSR Labuhanbatu, Koordinator SSR Simalungun dan Koordinator SSR Langkat.(TB-HIV Care PWA Sumut)

Shared Post: