'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Penyegaran Tim SR TB ‘Aisiyah Sumut Jelang Program NIR TB HIV Care ‘Aisyiyah
10 Januari 2018 21:08 WIB | dibaca 172

TB HIV Care ‘Aisyiyah pada periode tahun 2018-2020 meluncurkan program NIR (New Implementing Round) dalam upaya memberantas TB di Indonesia. Program ini menggantikan program NFM (New Funding Model) yang sudah berakhir pada 31 Desember 2017.

Ada beberapa perobahan kebijakan dalam program baru ini diantaranya perampingan jumlah personil di Tim SR TB ‘Aisyiyah. Sehubungan dengan itu maka PW’Aisyiyah Sumut telah melakukan seleksi untuk menentukan staf yang akan bekerja di SR TB HIV Care ‘Aisyiyah Sumut dan Irsan Ahmadi terpilih sebagai Kordinator Program.

Selain itu  karena Kepala SR yang sebelumnya telah berakhir masa kerjanya diakhir tahun 2017 yang lalu  dan  memutuskan untuk tidak melanjutkan lagi  maka  PH PWA Sumut mengadakan rapat khusus  dan memutuskan Dra.Zubaidah Pohan sebagai Kepala SR TB HIV Care’Aisyiyah Sumut

Struktur baru  Tim SR TB HIV Care’Aisyiyah Sumut yang telah terbentuk diperkuat dengan penandatanganan SPK (Surat Perjanjian Kerja) antara Kepala SR dan personal Tim lainnya  dengan Ketua PWA Sumut pada tanggal 04 Januari 2018.

Untuk  suksesnya kerja Tim SR TB HIV Care’Aisyiyah Sumut maka PWA mengawalinya dengan mengadakan pertemuan antara PH PWA Sumut dengan seluruh Tim, untuk menyatukan visi, misi dan persepsi demi tercapainya target program pemberantasan/penanggulangan TB HIV khususnya di Sumatera Utara.

Pada pertemuan yang dilakukan Selasa 09 Januari 2018 itu Ketua PWA Sumut Hj.Elynita mengharapkan agar kerja Tim dapat dijadikan sebagai  ajang dakwah, diantaranya untuk lebih mengenalkan Aisyiyah di masyarakat .

Dra.Emita Sabri, M.Si wakil ketua ‘Aisyiyah yang juga kordinator Majelis Kesehatan meminta agar program ini melibatkan Majelis Kesehatan   mengingat program hanya ada di enam Kabupaten/Kota di Sumatera Utara yaitu Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Karo.   Diharapkan Majelis Kesehatan akan lebih terlatih dan mempermudah untuk mereplikasi  Program Penanggulangan/Pemberantasan TB HIV   di 27 Kabupaten/Kota yang belum tersentuh Program

Pada kesempatan ini Irsan Armadi yang baru terpilih menjadi Kordinator Program  menyampaikan rencananya untuk melibatkan/memberdayakan beberapa  Majelis di PWA Sumut untuk lebih memaksimalkan kerja Tim. Selain Majelis Kesehatan ada Majelis Dikdasmen yang diharapkan bantuannya untuk memfasilitasi soialisasi tentang penyakiit TB disekolah-sekolah yang ada di bawah kordinasinya, Majelis KumHAM diharapkan kerjasamanya untuk mendorong dikeluarkannya Peraturan Daerah di Sumut tentang TB, Majelis Ekonomi mungkin dapat memberdayakan mantan pasien yang seringkali dikucilkan Masyarakat sesudah sembuh. 

Selain itu untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Aisyiyah, maka Tim akan mengusahakan agar acara –acara Tim TB HIV Care ‘Aisyiyah Sumut dapat dilakukan di fasilitas-fasilitas milik Aisyiyah/Muhammadiyah. (PWA Sumut)

Shared Post:
Berita Terkomentari