'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Perempuan Agen Perdamaian
13 April 2019 21:34 WIB | dibaca 166

Anggota Majelis Hukum dan HAM (MHH) PWA Sumut menghadiri seminar Perempuan Agen Perdamaian dengan tema Pelibatan Perempuan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme, pada tanggal 08 April 2019 di Medan. Acara ini diselenggarakan oleh  FKPT( Forum Koordinasi Pencegahaan Terorisme). Anggota MHH yang mengikuti seminar ini adalah  Ibu Mirsa Astuti, Ibu Ida Nadirah, Ibu Atikah Rahmi, dan Ibu Aguslinar.

Acara di buka oleh Ketua FKPT yaitu Bapak Dr. Zulkarnain Nasution, MA dan beliau menyampaikan tujuan diselenggarakan seminar ini adalah (1) Agar perempuan memahami perbedaan konsep intoleransi, konservatisme, radikalisme dan terorisme. (2) Agar para perempuan dapat mengetahui ragam kelompok ekstrim di Indonesia (3) Agar perempuan mampu membedakan karakter kelompok ekstrimis baik dari segi penampilan, pemikiran, maupun prilaku. (4)  Karena perempuan adalah ibu yang dapat menjadi benteng utama dalam keluarga, Ibu lah yang berperan dalam membentuk nilai, watak ,karakter kepribadian anak anaknya. (5) Ibu bisa berperan sebagai penyebar perdamaian dan mencegah radikalisme dan terorisme.

Materi yang diberikan dalam seminar ini antara lain (1) Pemahaman tentang Radikalisme, dengan maksud agar perempuan mengetahui macam-macam organisasi yang mengarah pada ekstrimisme kekerasan,serta bagaimana peran perempuan dalam setiap gerakan tersebut (2) Memahami tentang ciri-ciri idiologi kelompok ekstrimis kekerasan serta proses mengenalinya (3) Memberikan gambaran tentang peran perempuan dan anak dalam membangun perdamaian di Indonesia (MHH PWA Sumut)

   
 
Shared Post: