'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Peringatan Hari TB Sedunia Dengan Penyuluhan dan Investigasi Kontak TBC di SSR Kabupaten Deli Serdang
25 April 2019 15:47 WIB | dibaca 198

Acara seremonial peringatan  hari TB Day dilaksanakan di Panti Sosial Anak Remaja (PSAR) Tanjung Morawa pada tanggal 16 April 2019. Koordinator SSR TB Care ‘Aisyiyah Kabupaten Deli Serdang mengawali  acara dengan menyampaikan sekaligus mengigat pentingnya memperingati Hari TB Day, karena angka kesakitan TB masih tinggi dan pemerintah berusaha bersama masyrakat agar TB ditahun 2030 dan di eliminasi. Hadir dalam acara ini  Kepala UPT PSA yang diwakili Ibu Ririn selaku Kepala Tata Usaha UPT PSA. Beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada  kader TB Care ‘Aisyiyah bersama Dinas Kesehatan menjadikan PSAR sebagai tempat peringatan TB Day. Beliau juga menyampaikan bahwa siswa yang akan mengikuti penyuluhan  berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dengan jumlah 80 siswa. Ibu Ririn memohon maaf bila ada kekurangan dalam penyambutan tempat kegiatan pelaksanaan ini, dan beliau juga mengharapkan kepada seluruh siswa agar memperhatikan dan mengikuti penyuluhan.

Acara selanjutnya sambutan Ketua PD. ‘Aisyiyah yang di wakilkan kepada Sekretaris Umum Ibu Salmah. Dalam kata sambutannya Ibu Salmah menyampaikan bahwa ‘Aisyiyah menjadi pilar straregis Muhammadiyah sebagai  gerakan perempuan dalam melaksanakan da’wah, amar ma’ruf nahi munkar. Salah satu misi organisasi ‘Aisyiyah adalah meningkatkan dan mengembangkan kegiatan dalam bidang sosial, kesejahteraan masyarakat, kesehatan dan lingkungan Hidup. Saat ini ‘Aisyiyah bekerja sama dengan Global Fund melakukan pencarian pasien yang terduga TBC. Selanjutnya mengajak untuk berobat dan medampingi sampai sembuh yang dilakukan bersama Kader TB. ‘Aisyiyah juga melakukan advokasi kepada Pemerintah dan Organisasi yang peduli terhadap TBC. Hal ini dilakukan agar di tahun 2030 TBC dapat di Eliminasi di Indonesia. 'Aisyiyah meguncapkan terima kasih kepada Pimpinan di PSAR ini yang telah menyediakan tempat untuk  memperingati hari TB Sedunia dan 'Aisyiyah dapat melakukan penyuluhan dan Secrening TB kepada siswa di PSAR ini. 

Inti acara adalah arahan dan bimbingan sekaligus membuka acara TB Day yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakilkan Wasor Program TB ibu Ahsanul Usnah. Dalam arahannya bahwa penyakit TB di Indonesia saat ini masih tinggi  karena Indonesia menduduki urutan ke 3 TB terbayak di Dunia. Penyakit ini banyak di indonesia karena penyularannya cukup mudah yaitu melalui udara. 1orang yang terkena Tb dapat menularkan kepada 15 sampai 20 orang yang ada di sekitarnya. Maka sebab itu Dinas kesehatan bekerja sama dengan semua pihak termasuk  kepada 'Aisyiyah melakukan secara bersama-sama dalam penagulangan TB ini.

Selanjutnya dilakukan penyuluhan untuk para siswa dengan materi:1) Apa itu TBC. 2) Bagaimana  mengetahui orang yang terkena TBC.3) Bagaimana penularanTBC. 4) Sumber penularan. 5) Pencegahan penyularan.


Acara dilanjutkan melakukan secrening TB dengan metode Investigasi Kontak terhadap siswa PSAR yang berjumlah 80 orang oleh Kader TB 'Aisyiyah ( Koordinator SSR TB Care 'Aisyiyah Kabupaten Deli Serdang)

.

 

 

 

Shared Post: