'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PKPM UMSU dan PWA Sumut Bermitra Kembangkan Dakwah Secara Digital
20 Juli 2022 13:23 WIB | dibaca 65

 

Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) sebagai bagian dari pengabdian dosen-dosen UMSU kepada masyarakat terus bergulir. Program PKPM menyentuh banyak aspek kehidupan mulai dari sosial, ekonomi, teknologi sampai persoalan dakwah.

Kali ini program PKPM UMSU berlangsung dengan tema Pengembangan Dakwah secara Digital  dilingkungan Pimpinan Wilayah Aisyiyah  Sumatera Utara. PKPM ini dilaksanakan tiga orang dosen UMSU yang terdiri dari DR. Nur Rahmah Amini, S.Ag., M.Ag., Ina Zainah Nasution, S.Sos.I., M.Pd.I., Rasta Kurniawati Br Pinem, S.Ag. Ketiganya merupakan Dosen Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan (AIK) UMSU dan juga pengurus Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara Majelis Tabligh.

   

Guna mengembangkan Dakwah Aisyiyah secara digital, PKPM menggelar acara pelatihan  untuk Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara yang dilaksanakan pada 16 Juli 2022 kemarin. Pelatihan berlangsung di Balai Pelatihan Aisyiyah Jln. Demak no. 3 Medan, dengan peserta  sebanyak 20 orang.

Ina Zainah Nasution, S.Sos.I, M.Pd.I selaku ketua panitia kegiatan menyatakan bahwa pandemi yang pada awalnya dianggap musibah, pada akhirnya harus diakui memberi dampak positif pada pengembangan dakwah secara digital. Oleh karena itu rencana untuk mengadakan pelatihan dakwah secara digital sebenarnya telah menjadi program kerja Majelis Tabligh sejak lama yang kemudian mendapat dukungan dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melalui Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah. Materi pelatihan disampaikan oleh Dosen UMSU Faizal Hamzah Lubis, M.Kom yang dengan sabar memandu Ibu-ibu Aisyiyah untuk memahami tentang digitalisasi sekaligus latihan mempraktekkan membuat content di media sosial dengan memasukkan tema-tema Islami atau menginformasikan kegiatan yang dilakukan oleh Aisyiyah.

Turut hadir membuka acara DR. Nur Rahmah Amini, S.Ag, M.Ag selaku Koordinator Bidang Tabligh Pimpinan Wilayah Aisyiyah yang juga menjadi bagian inti dari Tim PKPM. Beliau menegaskan saat membuka acara akan pentingnya  pelatihan pengembangan dakwah digital saat ini. Oleh karena itu, setiap unsur pimpinan wilayah Aisyiyah hendaknya memanfaatkan kesempatan ini untuk benar-benar  serius mempelajari berbagai media dalam upaya mengembangkan dakwah organisasi.

Melalui pelatihan dakwah digital diharapkan warga Aisyiyah dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam berdakwah di media sosial dan mengisi content dengan hal-hal yang positif, sebelum ditutup peserta diberi tugas membuat RTL dengan membuat brosur,leaflet dan video dengan terus di pantau oleh pemateri dan tim PKPM secara daring melalui WA group.(Ina Zainah/Fitri W)

Shared Post: