'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PP ‘Aisyiyah besama MAMPU mengadakan Pelatihan Most Significant Change
21 Oktober 2016 15:53 WIB | dibaca 709
 
Pada tanggal 20-21 Oktober 2016, PP ‘Aisyiyah besama MAMPU mengadakan Pelatihan Most Significant Change (MSC) Program MAMPU ‘Aisyiyah, dengan tema Penguatan Kepemimpinan Perempuan untuk Peningkatan Pelayanan Reproduksi yang Terjangkau dengan Pendekatran Hak-Hak Perempuan pada Kelompok Dhuafa Mustah’afin, di gedung Pimpinan Pusat 'Aisyiyah selatan Yogyakarta. Acara yang di buka oleh Tri Hastuti Nur Rochimah selaku direjtur Program MAMPU ini dihadiri oleh seluruh perwakilah dari daerah MAMPU yang berjumlah 25 daerah, dengan 4 daerah MAMPU baru yaitu Mamuju, Bangka Belitung, Bangka Tengah, dan Polewali Mandar.
 
Dijelaskan oleh Tri Hastuti bahwa Pelatihan MSC ini menjadi penting terkait dengan menjadi ukuran untuk melihat bagaimana hasil kinerja yang sudah dilakukan oleh kader-kader di daerah. Tri juga mengungkapkan apa yanga kan disampaikan oleh fasilitator pada pelatihan tersebu tentang alat untuk mengukur evaluasi kerja bisa juga digunakan di Pusat, wilayah ataupun daerah.
 
Tri mengungkapkan salah satu hasil dari MSC adalah cerita perubahan, “Salah satu hasilnya adalah cerita perubahan. Kalau ibu-ibu melihat web aisyiyah, di semua wilayah aisyiyah sudah dibuatkan website, Ini bagian dari ikhtiar PPA supaya kerja ibu-ibu tidak hilang tetapi harus kita tuliskan karena orang akan mengenal kita dari tulisan,” Tambah Tri Hastuti
 
Acara yang berlangsung selama 2 hari ini di fasilitatori oleh Hajar Nur Setyowati selaku Program Officer MAMPU, Nur Azizah dan Ririn Dewi Wulandari selaku koordinator MAMPU Jawa Barat. Hajar mengungkapkan dalam menuliskan cerita perubahan perlu mengingat mengapa perubahan itu penting? Bagaimana perubahan itu terjadi? Dan apa bentuk perubahannya.
 
Dalam pelatihan MSC tersebut kegiatan banyak dilakukan secara berkelompok agar setiap daerah semakin kompak, dan bisa berbagi pengalaman yang terjadi pada tiap daerah. Juga para fasilitator menjelaskan alat-alat dan cara yang penting untuk melakukan evaluasi kerja dan bagaimana mendokumentasikan kerja yang telah dilakukan.
 
Para peserta pelatihan mengaku sangat antusias dan juga memiliki harapan yang besar pada pelatihan MSC tersebut. Dalam kesempatan tersebut perwakilan dari setiap daerah menceritakan berbagai pengalaman yang inspiratif  dari daerahnya kepada forum, sebagai bentuk pembelajaran yang menunjukkan perubahan yang dilakukan oleh MAMPU.
 
“kami harap dari pelatihan ini kami mendapatkan ilmu, wawasan, pengalaman, juga kami bisa sharing pengalaman tentang keberhasilan di daerah masing-masing, dan semoga setelah pelatihan ini komunikasi tetap terjalin dengan baik sesame peserta,” Ungkap Isni, perwakilan MAMPU Sumedang. [NKA]
Shared Post: