PENDAHULUAN Muktamar ke-47 bersamaan dengan satu abad 'Aisyiyah diselanggarakan di Makasar. Alhamdulillah telah berlangsung dengan anggun dan bermartabat. Berbagai program secara umum sudah dirumuskan dalam muktamar tersebut, diantaranya program pendidikan dasar dan menengah yang merupakan program yang sangat urgen dalam pengembangan sumber daya manusia untuk menuju Indonesia yang berkemajuan Pendidikan 'Aisyiyah sudah berlangsung semenjak Indonesia belum merdeka yaitu dalam kondisi masa penjajahan Belanda, yang dimulai dengan berdirinya ”Topo Tresno” pada tahun 1919 di Yogyakarta. Orientasi pendidikan ‟Aisyiyah adalah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ditandai dengan kesejahteraan lahir dan batin masyarakat secara langsung. Untuk itu penyelenggaraan pendidikan harus mengutamakan ”proses” yang bermutu pada semua bentuk dan jenjang pendidikan, hal ini menjadi tanggung jawab pemimpin organisasi pada semua tingkat dan pada implementasinya pimpinan cabang dan ranting menduduki posisi yang sangat penting karena di tingkat kelembagaan inilah 'Aisyiyah lebih dekat dengan komunitas masyarakat yang menjadi peserta didik Secara kuantitas lembaga pendidikan ‟Aisyiyah dapat dikatakan sangat memadai, untuk PAUD saja sudah lebih 20.000 satuan pendidikan, namun secara kualitas kita akui bahwa pendidikan ‟Aisyiyah belum termasuk yang diperhitungkan untuk berkompetisi di tingkat nasional dan internasional, sehingga da‟wah amar ma‟ruf nahi munkar tersendat di tengah arus globalisasi yang demikian dahsat. Ini menjadi PR kita bersama sebagai pimpinan organisasi terutama majelis pendidikan dasar dan menengah. Periode 2015-2020 adalah periode pertama memasuki abad ke dua, yang tentunya pendidikan ‟Aisyiyah harus bisa memperlihatkan wajah segar dengan mutu yang lebih kompetitif, sehingga semakin dipercaya oleh masyarakat dan diperhitungkan oleh pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk Indonesia berkemajuan. Pimpinan ‟Aisyiyah majelis dikdasmen secara bersama-sama bertekad meningkatkan konsolidasi gerakan di semua lini, mulai dari tingkat pusat sampai tingkat ranting dalam membangun masyarakat yang berkemajuan melalui pendidikan dengan program-program yang dicanangkan Mengingat pentingnya peningkatan peran dan fungsi Majelis Dikdasmen dari tingkat pusat hingga tingkat ranting sebagai penyelenggara pendidikan mulai dari PAUD sampai tingkat menengah, maka Majelis Dikdasmen mengembangkan visi dan misi ke arah berkembangnya dan meningkatnya peran pimpinan Majelis Dikdasmen dalam peningkatan kualitas pengelolaan pendidikan yang mengacu pada nilai Islam berkemajuan. B. VISI Menjadikan lembaga-lembaga pendidikan ‟Aisyiyah tempat persemaian dan pengembangan kader yang berkemajuan sehingga tercipta pemimpin ummat dan bangsa yang Islami dan intelektuali. C. MISI 1. Terciptanya pendidikan Islam yang berkemajuan di setiap lembaga pendidikan ‟Aisyiyah mulai dari PAUD sampai tingkat menengah 2. Terbangunnya pendidikan pesantren yang berkemajuan di setiap provinsi, sehingga tercipta kader yang memiliki kompetensi keilmuan agama Islam yang unggul 3. Terselenggaranya pendidikan in formal yang berbasis keluarga dalam rangka menciptakan keluarga sakinah 4. Terselenggaranya pendidikan keterampilan hidup dalam rangka pemberdayaan masyarakat, sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang berkemajuan D. TUJUAN 1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan pada lembaga PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK 2. Menyelenggarakan pendidikan pesantren dengan managmen modern di setiap provinsi 3. Mengembangkan konsep keluarga sakinah pada lembaga semua bentuk, jenis dan jenjang pendidikan 4. Mengembangkan lembaga pendidikan non formal berdasarkan kebutuhan masyarakat di setiap daerah E. DASAR KEBIJAKAN PROGRAM 1. Landasan Perumusan Program a. Al-Qur'an dan As-Sunnah b. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga 'Aisyiyah c. Tanfidz Keputusan Muktamar ke-47 'Aisyiyah d. Nilai-nilai dasar Aisyiyah dan Persyarikatan 2. Prinsip Program a. Rahmatan lil-alamin, yaitu program Aisyiyah dijiwai oleh nilai-nilai kebaikan dan nilai- nilai keutamaan yang membawa rahmat bagi seluruh umat manusia dan makhluk ciptaan Allah b. Hikmah, yaitu, mempertimbangkan situasi dan kondisi yang dihadapi secara proporsional dan bijaksana serta pendekatan yang menyejukkan. c. Kemanfaatan, yaitu, memprioritaskan program yang benar-benar memberi nilai kemanfaatan dan kemaslahatan bagi umat dan masyarakat secara luas. d. Kemajuan dan Pemberdayaan, yaitu, usaha-usaha untuk memberdayakan dan memajukan sehingga berhasil mencapai tujuan gerakan. e. Efisiensi dan Efektivitas, yaitu, memperhitungkan asas-asas efisiensi dan efektivitas sesuai dengan kemampuan, pelaksanaan yang tepat, ketersediaan dana dan personil dan menghindari tumpang tindih dan pemborosan dalam pelaksanaannya. f. Fleksibilitas, yaitu, memberi kemungkinan pada pengembangan dan penyesuaian dalam pelaksanaannya sesuai dengan kondisi dan kepentingan setempat. g. Prinsip Eviden Based, yaitu mempertimbangkan kenyataan yang ada dalam kehidupan, berdasarkan data-data yang dikumpulkan oleh Aisyiyah atau lembaga lain yang kompeten F. PROGRAM 1. Tujuan Program Secara umum, Aisyiyah telah merumuskan tujuan program 'Aisyiyah, yaitu, tercapainya usaha-usaha 'Aisyiyah yang mengarah pada penguatan dan pengembangan dakwah amar makruf nahi munkar untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan secara khusus tujuan program dikdasmen adalah meningkatnya kuantitas dan kualitas penyelenggaraan pendidikan ‟Aisyiyah pada semua bentuk, jenis dan jenjang. 2. Program Umum a. Konsolidasi Ideologi 1) Penanaman, pembinaan dan penyebarluasan ideologi dan prinsip nilai dasar Muhammadiyah/'Aisyiyah melalui pendidikan formal, in formal dan non formal. 2) Menanamkan kesadaran komitmen, militansi dan solidaritas kolektif pimpinan melalui pengembangan model managmen modern, model TOT, pembinaan kapasitas pimpinan organisasi dan penerbitan profil tokoh 'Aisyiyah. b. Konsolidasi Kelembagaan 1) Mengembangkan manajemen organisasi yang mengarah profesionalisasi dan tatakelola yang baik dan dinamis melalui penertiban laporan/evaluasi kegiatan majelis, penyusunan program majelis, penyempurnaan gambaran tugas (job description) dan penyusunan panduan pelaksanaan program 2) Mengembangkan sistem koordinasi dan komunikasi seluruh jajaran pimpinan melalui rapat-rapat majelis dan Rapat Kerja Majelis 3) Memperluas komunikasi dan kerjasama organisasi dengan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah untuk pengembangan dan pesinergian penyelenggaraan pendidikan 4) Meningkatkan upaya penggalian sumber dana yang efektif. 5) Menyempurnakan sistem manajemen keuangan melalui penyusunan mekanisme pembiayaan kegiatan dan kebijakan keuangan. 6) Meningkatkan efektivitas kerjasama lintas majelis/lembaga antara lain dengan Majelis Tabliqh, Majelis Kesehatan, Majelis Kesejahteraan social, Majelis Pengembangan dan Pembinaan Kader, Majelis Ekonomi, Majelis Hukum dan HAM, Lembaga Kebudayaan, Lembaga Lingkungan dan Kebencanaan dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan „Aisyiyah c. Konsolidasi Kepemimpinan 1) Meningkatkan kualitas pimpinan dalam pengelolaan amal usaha pendidikan pada tingkat wilayah, daerah, cabang dan ranting 2) Meningkatkan kualitas dan pengembangan amal usaha pendidikan melalui strategi implementasi program dengan penyusunan panduan-panduan, kurikulum, silabus, modul dan bahan ajar 3) Menyusun data base pimpinan Dikdasmen mulai dari pimpinan tingkat pusat sampai pimpinan tingkat cabang d. Kerjasama Meningkatkan dan mengembangkan kemitraan yang harmonis dan saling memberi manfaat sesuai dengan prinsip organisasi dengan berbagai ormas, LSM, instansi pemerintah dan instansi swasta yang relevan 3. Program Nasional Program nasional yang dimaksud adalah program yang dilaksanakan serentak oleh pimpinan organisasi secara nasional dari tingkat pusat hingga tingkat ranting secara berkesinambungan, terencana, sistematis, dan termonitor. Program Nasional Dikdasmen periode 2015-2020 dijabarkan berdasarkan program utama yang direkomendasikan pada Muktamar 47 di Makasar. 4. Program Majelis 1. Peningkatan kuantitas dan kualitas penyelenggaraan TK ABA dan KB „Aisyiyah 2. Pengembangan SPS yang berorientasi pada nilai-nilai Islam 3. Merintis TK ABA dan SD „Aisyiyah Premium 4. Mengembangkan PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK inklusi 5. Merintis penyelenggaraan TK dan SD kelas rendah satu atap 6. Peningkatan kualitas pendidikan keluarga di lingkungan masyarakat sekolah 7. Merintis dan mengembangkan pendidikan pra nikah 8. Pemberantasan buta aksara latin dan Al-Qur‟an 9. Pengembangan wawasan bagi orang tua dalam pelayanan ABK 10. Peningkatan kualitas dan kuantitas SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan SLB „Aisyiyah 11. Merintis dan mengembangkan SMP „Aisyiyah berasrama 12. Merintis pendirian SMK Pariwisata 13. Pembinaan dan pengembangan Madrasah dan Pesantren „Aisyiyah 14. Peningkatan kualitas managmen pesantren 15. Pembinaan dan pengembangan TPQA dan MDA „Aisyiyah 16. Peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan 5. Program Divisi (dalam bentuk matrik) URAIAN KEGIATAN PIMPINAN PUSAT 'AISYIYAH MAJELIS DIKDASMEN PERIODE 2015-2020 CAPAIAN 5 NO TAHUN (OUT PROGRAM KEGIATAN STRATEGI OUT PUT 2016 2017 2018 2018 2019 2020 KET COME 1. Tersedianya PAUD 'Aisyiyah yang berkualitas di setiap meningkatkan kualitas dan kuantitas PAUD 'Aisyiyah yang berorientasi pada keunggulan 1. Menyusun Kriteria TK percontohan PPA PWA PDA workshop Sosialisasi Sosialisasi Panduan Q Q Q Q Q Q v v Q Q Q Q Q Q Q Q Q Q Q Q 2. Pelatihan kurikulum TK 'Aisyiyah hasil revisi Sosialisasi Sosialisasi dan Pembinaan Sosialisasi dan Pembinaan kesamaan v v Konsep 3. Menyelenggar akan Parenting Pelatihan TOT Pelatihan Pelatihan Panduan v Modul 4. Menyelenggar an Lomba guru berprestasi 5. Sosialisasi standart akreditasi TK (PAUD) Seleksi Guru v Berpresta si Sosialisasi Sosialisasi Sosialisasi Kesamaan v v Kosep 2. Terwujudnya Meningkatkan 1. Revisi workshop Sosialisasi Sosialisasi Kurikulum v v pembelajaran kualitas proses kurikulum KB 'Aisyiyah PAUD yang pembelajaran dan TK berkualitas PAUD 'Aisyiyah 2. Revisi Buku workshop Sosialisasi Sosialisasi Pedoman v v Pedoman terbaru penyelenggara an KB dan TK 'Aisyiyah 3. Revisi materi workshop Sosialisasi Sosialisasi bahan v v Pembelajaran ajar AIK/ke'Aisyiyah an 4. Menyusun workshop Sosialisasi Sosialisasi Panduan v Panduan Manasyik Haji untu KB dan TK Membina Audiensi, membang audiendi audiendi MOU v v kemitraan diskusi dan un dengan dengan dialog jejaring pemerintah pemerintah tk.propinsi tk.Kab/kota Mengembangkan menyusun workshop Sosialisasi Sosialisasi Buku v v SPS berbasis Panduan TBA. Pedoman Qur'an TPA 'Aisyiyah berbasis Al Qur'an Merintis PAUD 1. Menyusun workshop Buku v v Premium Panduan KB Panduan dan TK Aisyiyah yang ideal 2. Menyusun lokakarya bahan v v bahan ajar pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris 3. mendirikan penyedia TK v v v v v v v Pilot Projek TK aninfrastu Premium Premium ktur dan SDm 4. Menhidentifika Pengident Data si potensi ifikasian daerah untuk TK Premium Mengembangkan 1. Menyusun workshop Inventarisa Inventarisa Panduan v v PAUD 'Aisyiyah Panduan si/sosialisas si/sosialisas Inklusi pengelolaan TK i i Inklusi 2. Pelatihan Pelatihan Pelatihan Pelatihan guru v model dan Trampil pendekatan pembelajaran ABK Merintis 1. menyusun workshop Sosialisasi Sosialisasi Panduan v v penyelengaraan panduan TK dan SD kelas pengelolaan rendah satu atap terpadu 2. Mengidentifika Pengident Data si kepatutan ifikasian Daerah penyelenggara 3. Terwujudnya Pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan 3. Sosialisasi dan pelatihan manajemen terpadu 1. Mendorong guru KB dan TK untuk S1 PAUD Sosialisasi dan Pelatihan Kerjasam a PTM Kerjasama dengan PTM didaerah masing- masing Kesamaan konsep Dguru S.1 PAUD v v v v v v v v v v v v v v v v v v 2. Pelatihan Manajemen KB dan TK bagi Pendidik tenaga kependidikan TOT pelatihan manajeme n pendidik v v dan tenaga kependidi kan yang trampil 3. Menyusun SOP dan materi tes untuk rekrutmen pendidik workshop Sosialisasi Sosialisasi SOP/ v v Panduan 4. menyusun Panduan model pembelajaran KB dan TK ( Kelompok, Sentra, Sudut dan Area) workshop Sosialisasi Sosialisasi panduan v v 4. Terwujudnya keluarga sakinah dalam masyarakat Memperkuat Pendidikan Keluarga di Lingkungan Masyarakat Sekolah 1. Menyusun Panduan Penyelenggara an Pendidikan Keluarga di lingkungan Masyarakat Sekolah (mengacu ke Buku Pedoman Keluarga Sakinah Aisyiyah) workshop Sosialisasi Sosialisasi panduan v v v v 2 Pelatihan sesuai dengan kebutuhan daerah Pelatihan Pendidikan dan pelatihan Pendidikan dan pelatihan Bebas v v kebutaan Wawasan bagi orang tua dalam pelayanan ABK menyelengarak an seminar Mengund ang para pakar Sosialisasi Sosialisasi orang tua v paham melayani anak 5 Terwujudnya pendidikan Dasar dan Menengah dalam kualitas dan kuantitas Meningkatkan kuantitas dan kualitas SD/SMP/SMA/SM K dan SLB 'Aisyiyah 1 Profil sekolah 'Aisyiyah Pendataa n Mengumpu lkan data Mengumpu lkan data Profil v v Sekolag 'Aisyiyah 2 Mengidentifika si potensi daerah untuk pendirian sekolah 'Aisyiyah Pendataa n data3. v Merintis SD 'Aisyiyah Premium 1 Menyusun panduan SD Aisyiyah Premium Worksho p Panduan v 2 Sosialisasi Penyelenggara n SD 'Aisyiyah Premium Sosialisasi Kesamaan v Kosep 3 Pendidian Pilot Pemdamp SD v Projek SD 'Aisyiyah Premium ingan Aisyiyah Premium Merintis dan 1 Menyusun FGD Pelatihan Pelatihan Panduan v v v mengembangkan program Inklusi panduan pengelolaan kelas inklusi 2 Sosialisasi dan TOT Pelatihan Pelatihan Guru v v dan pelatihan pendampngn ABK Trampil Meningkatkan 1 Pembinaan TURBA Pembinaan Pengurus v v v v v v kualitas SLB 'Aisyiyah dan pengelolan lembaga (manajemen) bersama Wilayah aktif 2 Pelatihan Pelatihan Pembinaan Gruru v v v v v model dan pendekatan pembelajaran bersama Wilayah trampil Merintis dan 1 Studi Survey Data v v mengembangkan SMP 'Aisyiyah berasrama kelayakan pendirian SMP berasrama data 2 Menyusun Worksho Sosialisasi Panduan v v panduan pengeloaan asrama p Merintis pendirian 1 melakukan Survey Pembinaan Data v v SMK Pariwisata studi kelayakan data bersama Wilayah 2 menyusun Worksho Pembinaan panduan v panduan p bersama penyelengaraa Wilayah N 3 Menyusun FGD Sosialisasi Silabus v Silabus pembelajaran AIK 6 Terwujudnya Membina dan 1 Menyusun Worksho Sosialisasi Panduan v v Madrasah mengembangkan panduan p dan madrasah dan pengelolaan pesantren pesantren madrasah 'Aisyiyah "Aisyiyah pesantren yang berkualitas 2 Sosialisasi dan TOT dan Sosialisasi Pembina v v pelatihan terlatih pengelolaan madrasah dan pesantren 3 Mengkaji Lokakarya Sosialisasi Panduan v v kurikulum dan Suplemen menyusun kurikulum suplemen kurikulum madrasah dan pesantren Meningkatkan Peningkatan Pelatihan Pembina v v v kompetensi kompetensi terlatih musrif/musrifah bersama (Pembina) wilayah meningkatkan 1 Mengidentifika Pendataa Data v v v kuantitas dan si potensi n kualitas MI, daerah untuk MTS,MA 'Aisyiyah pendirian MI,MTS,MA 'Aisyiyah 2 Menyusun Pendataa Profil MI, v v v profil MI, n MTS,MA MTS,MA 'Aisyiyah 'Aisyiyah 7 Terwujudnya Melakukan Membina dan pembinaa TPQA dan v v v v v v v v v v v v v v TPQA dan pembinaan mengembangk n MA MDA terhadap TPQA an TPQA dan berkualita 'Aisyiyah dan MDA MDA sesuai s yang 'Aisyiyah kebutuhan berkualitas daerah Pendampingan Pendampi Proposal v v penyusunan ngan proposal pengajuan bantuan