'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PW Aisyiyah Sumut Lembaga Kebudayaan Gelar Pengajian Virtual
04 Januari 2021 08:22 WIB | dibaca 64

Medan, 26 Desember 2020, Pimpinan Wilayah Aisyyah Sumatera Utara Lembaga Kebudayaan melakukan Gerakan Perempuan Mengaji.  Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara, pada hari Sabtu, 11 Jumadil Awal 1442 H/26 Desember 2020. Pengajian yang  dilaksanakan secara virtual ini,  diikuti oleh anggota Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara bersama dengan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah se-Sumatera Utara. Pengajian ini disusun secara terjadwal sampai dengan menjelang Muktamar ‘Aisyiyah yang akan datang.  Pembawa Acara sekaligus moderator pengajian ini adalah  Ibu Zubaidah Pohan  S.Ag, Pembacaan ayat suci Al Qur’an, Aida Fitriana, S.Pd dan diawali kata pengantar Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara, Hj. Elynita.

Materi pengajiaan yang disampaikan dan didiskusikan kali ini adalah “MEMBANGUN KEUNGGULAN BUDAYA ISLAM (Tinjauan PHIWM dan HPT) yang disampaikan oleh Solawati, S.Pd, M.Psi Ketua Lembaga Kebudayaan PWA Sumut, bahwa secara teoritis, manusia memiliki empat kemampuan dasar untuk mengembangkan kebudayaan, yakni rasio untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, imajinasi untuk mengembangkan kemampuan estetiknya, hati nurani untuk mengembangkan moralitasnya, dan sensus numinis untuk,  mengembangkan kesadaran ilahiahnya.

Seni dan budaya dalam perspektif  Muhammadiyah hukumnya adalah boleh, bahkan dapat menjadi fardhu a'in atau fardhu kifayah, kalau dalam kerangka dakwah amar ma'ruf nahi munkar dan hal tersebut menjadi pelengkap dari kewajiban. Adapun norma dan nilai yang harus dipegang teguh dalam menjalankan aktivitas seni dan budaya, tidak mengarah atau mengakibatkan kerusakan (fasad), bahaya (dharar), kedurhakaan (Ishyan), dan menjauhkan diri dari Allah (ba'id anillah). ( Solawati, S.Pd,M.Psi, Ketua Lembaga Kebudayaan PWA Sumut - LPPA Sumut)

 

 


 

Shared Post: