'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PW 'Aisyiyah Sumut Memberi Tambahan Nutrisi Untuk Pasien TB MDR DI Medan
30 Desember 2016 12:04 WIB | dibaca 1673

Tambahan nutrisi untuk pasien TB MDR di Medan dilakukan PW 'Aisyiyah Sumatera Utara untuk membantu pasien TB MDR yang berobat di RSUP H.Adam Malik Medan, Tercatat 90 (sembilan puluh) orang dari 245 orang penderita TB MDR yang terdata di Sumut yang melakukan pengobatan  di RSUP H.Adam Malik Medan tersebut. PW 'Aisyiyah Sumut merekrut 8 (delapan) orang PS (Pasien Suporter) sebagai pendamping  agar pengobatan pasien TB MDR sukses menjalani pengobatan  yang berupa  suntikan setiap harinya selama 6 bulan dan  obat sebanyak 15 – 18 butir yang harus ditelan perhari selama 18 s/d 24 bulan. Untuk  daerah kerja Kota Medan setiap PS mendampingi 4-6 pasien .

Selama menjalani pengobatan pasien TB MDR juga memerlukan asupan nutrisi yang lebih dibanding orang sehat, dan untuk menunjukkan kepedulian kepada pasien maka PW Aisyiyah Sumut melakukan penggalangan dana dari  donatur maupun infaq yang dikumpulkan  dari warga Aisyiyah juga masyarakat umum lainnya . Tambahan nutrisi yang diberikan kepada pasien TB MDR adalah susu, telur, kacang hijau, gula dan biskuit.  PW 'Aisyiyah merasakan bahwa bantuan tersebut belum dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk setiap pasien TB MDR, namun tujuan utama dari pemberian tambahan nutrisi ini untuk menambah semangat berobat kepada pasien TB MDR sampai sembuh dan meyakinkan mereka bahwa masih banyak masyarakat yang peduli dengan penderitaan mereka. 

Semoga saja gerakan  Aisyiyah dalam menanggulangi  TB di Indonesia menjadikan Indonesia tidak dalam urutan yang tertinggi dalam hal penderita TB tetapi dapat menurunkan angka penderita TB secara signifikan.

STOP TB MULAI DARI SAYA

(Sumber: SR TB Care PW 'Aisyiyah Sumut)

Shared Post: