'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PWA Sumut Melalui LPPA Mencerdaskan Dengan Program Madrasah Perempuan Berkemajuan
17 Oktober 2021 19:28 WIB | dibaca 85

M

Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara (PWASU) melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan(LPPA) menggelar Madrasah Perempuan Berkemajuan. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua PW Aisyiyah Sumatera Utara Hj. Elynita Koto itu diikuti sekitar 900 peserta dari internal PWASU,  Pimpinan Daerah Aisyiyah se-Sumatera Utara serta mahasiswa berlangsung, Sabtu (9/10) di Gedung Pascasarjana UMSU Jalan Denai Medan.

Hajjah Elynita pada pembukaan Madrasah Perempuan Berkemajuan itu mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan strategis karena Aisyiyah sebagai organisasi terbesar di dunia dengan berbagai amal usaha yang dimilikinya harusnya dipimpin oleh perempuan yang cerdas dan berkemajuan. Kata Elynita perkembangan dunia baik dilevel regional, nasional mau pun internasional harus juga diikuti dengan kemampuan intelektualitas perempuan. Saat ini, perempuan menghadapi banyak persoalan yang harus disikapi secara benar.

    

Sebelumnya, Wakil Ketua PW Aisyiyah Sumatera Utara Dra. Emita Sabri MSi pada sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PP Aisyiyah, khususnya LPPA PPA yang telah memberikan dukungan hingga kegiatan madrasah perempuan berkemajuan dapat dilaksanakan. Emita Sabri berharap seluruh Pimpinan Daerah Aisyiyah dapat menyerap materi ini dengan baik.

Ketua LPPA PWASU, Fitriani Lubis MPd melaporkan kegiatan Madrasah Perempuan Berkemajuan yang berlangsung selama satu hari. Madrasah diikuti secara luring oleh beberapa Pimpinan Wilayah Aisyiyah dan secara daring oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah di berbagai kabupaten dan Kota di Sumatera Utara.

Madrasan Perempuan Berkemajuan diisi dengan beberapa materi penting seperti Manhaj Muhammadiyah yang diampaikan oleh Siti Syamsiatun Ph.D (LPPA PP Aisyiyah). Kemudian Gender dalam Islam disampaikan oleh Dr. Witriani  dan materi Perempuan Islam Berkemajuan disampaikan oleh Dwi Wahyuning Indah Fajarwati MH ( LPPA PPA). Satu materi lainnya disampaikan oleh Tim LPPA PWA Sumut Dr. Amini MPd  dengan tema Fikih Al-Maun.

Setelah paparan dari para narasumber dilanjutkan diskusi dan tanya jawab dari para peserta yang banyak mempersoalkan tentang kondisi yang berkembang saat ini dikaitkan dengan manhaj Muhammadiyah yang telah disusun dan ditetapkan oleh PP Muhammadiyah. Tujuan akhir dari kegiatan adalah dapat menambah wawasan dan menyamakan persepsi tentang keberadaan dan aktivitas perempuan sesaui dengan Manhaj Muhammadiyah dengan tetap mengikuti perkembangan global.

Kegiatan Madrasah Perempuan Berkemajuan kemudian ditutup oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah Pimpian Pusat Aisyiyah Prof. Dr Alimatul Qibtiyah Ph.D (InfoMU/Syaifulh, PWASU Fitri W)

Shared Post: