'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PWA Sumut Majelis Kesehatan Sosialisasikan Tentang ODMK (Orang Dalam Masalah Kajiwaan) dan ODGJ (Orang Dengan Gangnguan Jiwa )
30 November 2021 12:02 WIB | dibaca 75

                                                      

Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara pada Sabtu, 27-11-2021,pukul 10.00-12.30 WIB,bertempat di Pusdiklat PWA Sumut,Jln.Demak No.3 Medan mengadakan rapat Paripurna PWA Sumatera Utara yang dihadiri oleh  Pimpinan Harian dan pimpinan Majelis/Lembaga beserta seluruh  anggota. Pertemuan kali ini dibawakan oleh Majelis Kesehatan tentang masalah kesehatan psikis atau kejiwaan.Ketua PWA Sumut Ibu Hj.Elynita Koto dalam sambutannya mengatakan bahwa masalah kesehatan jiwa adalah hal yg penting disamping masalah kesehatan fisik.Menurut Ibu Leni Apriani,MKep dari Staf RSJ Prof.Dr.M.Ildrem Pemprovinsi SU.Kesehatan menurut WHO adalah kondisi sehat fisik,mental, sosial dan Spiritual,bukan hanya bebas dari sakit.Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa( No Health Without Mental Health). Kesehatan Jiwa menurut UU No.18/2014: 1.Kondisi seseorang individu berkembang secara fisik,mental, spritual dan sosial.2.Individu tsb menyadari kemampuan sendiri.3.Dapat mengatasi tekanan dan 4.Dapat bekerja secara produktif. Semua orang berpotensi untuk mengalami gangguan jiwa.Masalah Kesehatan Jiwa ada 2 yaitu : 1.ODMK( Orang Dengan Masalah Kejiwaan) dan 2.ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).Ad.1 ODMK adalah seseorang yang memiliki keluhan psikologis seperti merasa cemas,kuatir namun tetap bisa beraktifitas seperti biasa.ODMK Orang yang belum sakit,mereka baru mengalami masalah yang berpotensi menyebabkan gangguan jiwa.Secara awam disebut Luka Bathin.Masalah kejiwaan tak boleh disepelekan,bila dibiarkan akan merembet ke masalah yang lebih besar.Penanganan ODMK: 1.Memberikan dukungan,kasih sayang dari keluarga terdekat.2.Bagi yang mengalami depresi segera dibawa konsultasi dengan pelayanan kesehatan.3.Merawat ODMK,4.Melatih/ memotivasi, 5.Upaya pencegahan jangan sampai ODGJ. Ad.2. ODGJ adalah Org dgn Gangguan Jiwa.Empat(4) jenis gangguan jiwa terbanyak ditengah masyarakat:1.Gangguan cemas,2.Gangguan Defresi,3. Gangguan bipolar dan 4.Gangguan Psikotik( Skizofrenia.

                                       

Pembahasan selanjutnya oleh dr.Robitah Asfur,M Biomed AIFO- K( Majelis Kesehatan PWA SU) Judul Deteksi Dini Masalah Kesehatan Jiwa di Masyarakat. Ada 3 topik bahasan: 1.Prinsip umum layanan Kesehatan Jiwa.2.Pengenalan Deteksi diri masalah kesehatan jiwa,3.Cara melakukan deteksi diri dan tindak lanjut.Apakah Gangguan jiwa merupakan masalah kesehatan masyarakat? Jawabnya Iya,prevalensi tinggi,beban besar, saling mempengaruhi dgn penyakit fisik.Tindak lanjut: Setelah terdeteksi kemungkinan adanya masalah kesehatan jiwa,maka selanjutnya dilakukan proses Diagnosis melalui wawancara.Psikiatrik dan diagnosis dalam pedoman Penggolongan dan diagnosis gangguan jiwa (PPDGJ) di Indonesia atau International Classification of Diseases ( ICD ) untuk masing-masing penyakit gangguan jiwa. 

Mengingat pentingnya materi yang dibahas maka peserta menganggap perlu mensosialiasikan pembahasan tentang ODMK dan ODGJ tersebut di amal-amal usaha Aisyiyah agar para guru dan pemangku kebijakan di amal usaha dapat mengantisipasi gejala-gejalanya. (Dra.Jasmita/Fitri W)

Shared Post: