'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PWA Sumut Majelis Kesejahteraan Sosial Bahas Lansia Tangguh Pada Masa Pandemi Covid-19 di Pengajian PWA Sumut
15 Desember 2020 10:05 WIB | dibaca 122

Medan,12 Desember 2020, PWA Sumut Majelis Kesejakteraan Sosial mengadakan pengajian daring dengan tema ' Perlindungan Lansia ditengah Pandemi covid 19'. Hadir pada acara ini, seluruh Pimpinan dan anggota PWA Sumut, PDA se-Sumatera Utara dan TB Care PWA Sumut. Pengajian secara virtual ini dipimpin oleh Host Evi Maharani. Acara dibuka oleh ibu Hj. Elynita, Ketua PWA Sumut dan dalam sambutannya beliau menyampaikan walaupun masih dalam masa Pandemi tidak akan mengurangi semangat dakwah dilingkungan warga 'Aisyiyah. Oleh karena itu secara rutin PWA Sumut tetap melaksanakan pengajian bagi Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Sumut dan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah se-Sumut. Sesuai dengan tema yang dibahas pada hari ini, ibu Hj.Elynita menghimbau supaya semua Pimpinan dan jajarannya tetap menjaga kesehatan dan apabila sangat diperlukan yang bersifat tatap muka tetap berpegang dan menjalankan protokol kesehatan. Apalagi di jajaran Pimpinan banyak juga sudah masuk kepada fase Lansia.

Dr Siti Mujiatun SE,MM, Koordinator Bidang MKS PWA Sumut dalam arahnnya menyampaikan bahwa dalam mewujudkan Lansia tangguh dimasa pandemi covid 19, kegiatan bisa dilakukan oleh para lansia dari berbagai dimensi yaitu dari dimensi spiritual, fisik, emosional, intelektual, sosial kemasyarakatan dan profesional serta vokasional lingkungan. Dari berbagai dimensi tersebut :  dimensi spiritual, kesehatan fisik dan sosial yang harus dibina untuk menghadapi bahaya penyebaran virus covid 19. Karena dimensi spiritual, kita diarahkan untuk mendekatkan diri pada kegiatan yang sifatnya keagamaan, pengajian yang terjadwal karena dengan kegiatan ini diharapkan hati kita menjadi tenang dan tawakal dan lebih bijaksana. Kemudian dimensi fisik, mengajak para lansia tetap beraktifitas fisik, misalnya melakukan senam sesuai kemampuan, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Dari dimensi sosial biasanya lansia cenderung untuk menyendiri, tidak percaya diri karena sadar akan turunnya kemampuan diri, maka disini para Lansia dianjurkan untuk bergaul dan banyak memiliki teman seusianya misalnya dengan pertemuan arisan,  menyalurkan hoby dan curhat sesama lansia. Dengan menjalankan dimensi-dimensi di atas maka para Lansia  bisa memiliki " Hati bahagia, Imun  tubuhpun terjaga".

Pengajian disampaikan  oleh  Dra Suryati Hanum, Wakil Ketua MKS PWA Sumut. Isi pengajian yaitu tentang Lansia Menghadapi Covid-19. Suryati Hanum memulai pengajiannya dengan menjelaskan pengertian Lansia dan Covid-19. Selanjutnya Suryati Hanum menjelaskan bahwa Lansia harus didorong untuk Sehat, Aman dan Terlindungi. Dibentuknya komunitas peduli Lansia yang terintegrasi diakar rumput dapat membantu para Lansia aman dirumah, terlindungi dari masalah kesehatan, menghilangkan stress dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Peserta sangat antusias dengan isi pengajian. ( Sumber berita MKS PWA Sumut, Korbid, Dr. Siti Mujiatun, SE, MM, editor LPPA Sumut)

Shared Post: