'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PWA SUMUT MELAKSANAKAN PELATIHAN PASIEN SUPORTER TB MDR COMMUNITY TB-HIV
03 Desember 2016 10:14 WIB | dibaca 1214

TB MDR(Tuberculosis Multi Drugs Resistant)/TB Kebal Obat  adalah suatu kondisi penyakit dimana penderita TB sudah tidak dapat diobati lagi dengan OAT(Obat Anti TB) yang digunakan oleh penderita TB umumnya.Pengobatan TB Kebal Obat ini memerlukan pengobatan dengan jangka waktu yang lebih lama yaitu sampai 2 tahun dengan obat-obatan yang harganya  jauh lebih mahal disbanding harga OAT.

Penderita TB Kebal Obat yang sedang menjalani pengobatan perlu didampingi agar penyakitnya sembuh dengan tuntas ,  bila  pengobatan tidak berhasil  kemungkinan besar  pasien  akan menderita TB TDR(Total Drugs Resistant) dimana tidak ada lagi  obat  yang dapat menyembuhkannya. Pendamping bagi penderita TB Kebal Obat ini dikenal dengan nama Pasien Suporter(Patient Supporter).

Mengingat  jumlah penderita TB MDR  di Sumatera Utara yang memerlukan pendampingan  sudah semakin  banyak   maka  dengan persetujuan PR TB Aisyiyah pada bulan Nopember 2016  Community TB-HIV Care Aisyiyah Sumut  merekrut  5 orang Pasien Suporter melalui serangkaian seleksi dan wawancara. Dari 5 orang yang  lulus seleksi ,  2 orang diantaranya adalah wanita, 1 orang pria merupakan mantan penderita TB MDR yang telah sembuh  . Dua orang lagi mempunyai pengalaman  kerabat dekatnya menderita TB Kebal Obat (satu penderita sembuh dan satu lagi meninggal dunia).

Untuk membekali Pasien Suporter yang akan mulai  menjalankan tugasnya maka Community TB-HIV Care Aisyiyah Sumut memberikan pelatihan yang berlangsung pada tanggal 1-3 Rabiul Awal 1438 H/1-3 Desember 2016 di Medan. Pelatihan hari pertama  dimulai dengan pre test dilanjutkan dengan pemberian materi Semangat Al Ma’un dalam Penanggulangan TB, Tugas Pasien Suporter, Informasi Dasar TB Kebal Obat, Pemeriksaan dan Pengobatan pasien TB Kebal Obat, Pendampingan Pengobatan pasien TB Kebal Obat , Komunikasi Efektip, Situasi TB Kebal Obat di Sumatera Utara dan Medan serta Pencatatan dan Pelaporan.

Peserta pelatihan mendapat pembekalan dari Kordinator Program

Hari ke dua pelatihan Pasien Suporter melakukan Praktek di RSUP H.Adam Malik untuk dapat berinteraksi langsung dengan pasien TB Kebal Obat. Hari ke tiga, Pasien Suporter  mendengarkan testimoni dari mantan penderita TB Kebal Obat dan juga dari Pasien Suporter TB Kebal Obat   yang sudah ada  (direkrut pada bulan Mei 2015 sebanyak 3 orang)

Rangkuman dari pelatihan selama tiga hari ini digunakan  peserta pelatihan untuk menyusun RTL(Rencana Tindak Lanjut) untuk panduan dalam melaksanakan tugasnya.Pelatihan ditutup setelah  diadakan Post Test untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta.( Azwinar, Sekretaris PWA Sumut)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Shared Post: