'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Silaturahim Syawal 1440 H Majelis Dikdasmen PWA Sumut
21 Juni 2019 13:25 WIB | dibaca 204

Pengurus Majelis Dikdasmen PWA Sumatera Utara mengadakan acara silaturrahim bersama Guru-guru 'Aisyiyah Wilayah Sumatera Utara, yang dilaksanakan pada hari Jum'at, tanggal 14 Juni 2019, di rumah Ibu Refnimas, Bendahara Majelis Dikdasmen PWA Sumut. Acara diawali dengan pengajian oleh ustad Drs.H.Mario Kasduri,MA. Menurutnya, ada 4 pilar belajar mengajar menurut versi UNESCO Th 1971, dan tahun 1977 ditambah menjadi lima  pilar yaitu itu , 1) Learning to understand yaitu paham apa yang diajarkan, artinya Guru harus profesional, dan menguasai bidang keahliannya masing-masing. 2) Learning to do, belajar dan mengamalkannya dalam arti kata, sejalan antara perkataan dan perbuatan. 3) Learning to together,  belajar bersama, sehingga akhirnya masuk surgapun  juga bersama-sama. 4)  Learning to be continue , belajar terus menerus sehingga menjadi orang yang ikhlas taqwa, taat dan sabar. 5) Learning to biliefe,  belajar penuh keyakinan tumbuhkan sikap pengakuan akan  pencpta Allah Maha Besar, yaitu  melibatkan Allah dalam setiap kegiatan, dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahim, dan muara akhir bernilai ibadah kepada Allah.

Guru adalah seorang yang  visioner yaitu  mempunyai visi dan misi jauh ke depan. Ilumu tanpa Agama buta, Agama tanpa ilmu lumpuh. Untuk hal tersebut perlu sinergitas agama dan ilmu seperti dikutip dari  Qs. Almujadalah ayat 11, bahwa sesungguhnya Allah  Swt akan  meninggikan orang-orang yang  beriman dan berilmu pengetahuan ditinggikan beberapa derajat dibanding dengan lainnya karena apa? Karena setiap kita melaksanakan sesuatu aktivitas dengan memuji atas nama Allah , dan selesai melaksanakan kegiatan kita tutup dengan   Alhamdulillahi rabbil 'Aalamiin, hal ini tidak sekedar ucapan dibibir saja tapi  membekas dalam hati yang bersih dan perasaan yang tajam menjadi watak  keseharian kita.

Ibu Rusni, Ketua Majelis Dikdasmen PWA Sumut dalam  sambutannya mengatakan atas nama Majelis Dikdasmen mengucapkan Selamat Hari Raya idul Fitri 1 Syawal 1440.H. mohon maaf  lahir bathin, Taqoballahu Minna waminkum. Semoga Allah SWT menerima  amal ibadah kita. Mari kita kondisikan dan  ciptakan lingkungan kita, terutama Proses Belajar Mengajar  yang PAIKEM amat menyenangkan hati kita. Jhon Lighar salah seorang Ahli pedidikan dari Inggris mengatakan bahwa persoalan pendidikan itu bukan  hanya pengajaran dan  kebijaksanaan tapi akan terlaksana, bila sudah ada kemanusiaan kasih sayang, dalam Islam adalah Asmaul Husna, sifat Allah Ar-Rohman, Ar-Rohim, sdh lebih dahulu, terpatri dalam hati.

Ibu Fitri Wijawati selaku Korbid Majelis Dikdasmen PWA Sumut mengatakan bahwa kita sedih Ramadhan sudah berlalu, semoga Ramadhan yang akan datang  bisa kita bertemu lagi, sebagai bulan pengampunan, lebih baik dari seribu bulan. Ibu Fitri Wijawati menyambut baik dengan akan diadakannya  pelatihan guru secara profesional. Acara dilanjutkan dengan diskusi antara guru, Kepala Sekolah  dengan pimpinan. Acara ini dihadiri 65 orang Guru dan  Kepala Sekolah 'Aliyah 'Aisyiyah, Kepala Sekolah MTS 'Aisiyah Pasar Merah,  Kepala Sekolah  MTS ,Aisyiyah Tembung dan Kepala Sekolah  SMK-IT Tembung. ( Majelis Dikdasmen PWA Sumut)

 

Shared Post: