'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Silaturrahim Syawal 1441 PWA Sumatera Utara
23 Juni 2020 20:27 WIB | dibaca 131

 

Medan, Sabtu, 20 Juni 2020, PWA Sumatera Utara melaksanakan silaturrahim Syawal 1441 Hijriah/2020 Masehi secara virtual pada hari Sabtu tanggal 28 Syawal 1441 Hijriah /20 juni 2020 Masehi,  yang diikuti oleh PWA SUMUT beserta majelis/ lembaga , PDA Se-Sumatera Utara,PW Nasyiatul 'Aisyiyah Sumut dengan jumlah seluruhnya berkisar 55 orang. Acara dimulai pada pukul 09.10 WIB dengan pembukaan oleh pembawa acara Fitri Wijayawati, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ina Zainah dari Majelis Tabligh PWA Sumut.

Ketua PWA Sumut, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas atensi yang diberikan para peserta walaupun  ditengah pandemi corona dapat mengikuti acara silaturrahim melalui virtual ini. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor UMTS Dra.Muhsana Pasaribu MA yang mengisi tausyiah pada kegiatan kali ini. Semoga 'Aisyiyah tetap semangat dalam menjalankan amanah dengan gerakan  yang dapat mencerahkan umat. Ketua PDA Kota Medan, Dra Khollisani, mewakili PDA se-Sumut dalam sambutannya menyampaikan harapan semoga musibah segera berlalu sehingga 'Aisiyah dapat berkiprah kembali dengan lebih leluasa.

Acara puncak yaitu tausyiah silaturrahim yang disampaikan oleh Rektor UMTS, Dra. Muhsana Pasaribu, MA, membahas tentang ukhuwah. Beliau memaparkan tentang dasar dasar ukhuwah dalam Q.S AL Hujarat ayat 10 dan Q.S Ali Imran ayat 103,  bahwa pada masyarakat Islam dimasa Rasulullah ada 3 unsur kekuatan penting yaitu iman (spiritual), ukhuwah (soliditas) dan kepemimpinan/persenjataan (mobilitas).Ada pun bentuk bentuk ukhuwah ada 3 yaitu: 1) Ukhuwah Wathaniyah. 2) Islamiyah dan 3) Basyariah. Menghadapi musibah saat ini 'Aisyiyah perlu meningkatkan ukhuwah yang mengandung nilai-nilai gotong royong, kebersaman dan empati baik pada kalangan internal maupun eksternal. Juga perlu diantisipasi dampak  sosial dan psikologis yang akan terjadi setelah pandemi ini berakhir, terutama bagi para remaja dan ibu-ibu muda yang akan berhadapan dengan tatanan sosial yang berbeda dari sebelum musibah corona. Acara silaturrahim diakhiri dengan menampilkan dokumentasi kegiatan PWA dan PDA se-Sumut selama masa pandemi. ( PWA Sumut, editor Fitri Wijayawati dan LPPA Sumut)

Shared Post: