'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sosialisasi Pemilu oleh KPU di Pengajian Berkala PDA Asahan
15 Maret 2019 13:27 WIB | dibaca 232

Acara ini dilaksanakan oleh PDA Asahan di Mesjid Taqwa Muhammadiyah Lubuk Palas, Ahad 10 Maret 2019.  PCA Lubuk Palas menjadi tuan rumah dalam Pengajian Berkala PDA yang di adakan setiap dua bulan sekali.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur'an oleh ibu Marlina, dilanjutkan dengan kata-kata selamat datang dari PCA Lubuk Palas yang disampaikan oleh ibu Yusnaida salah seorang Ketua Ranting  di PCA Lubuk Palas. Dalam menghadapi Pemilu 2019 yang sudah makin dekat waktunya PDA Asahan bekerjasama dengan KPU untuk mensosialisasikan cara pemilihan yang benar khususnya bagi warga 'Aisyiyah  supaya suara yang diberikan untuk Pilpres, DPD dan Caleg tidak sia-sia.

Sosialisasi ini disampaikan oleh bapak Samiun  komisioner KPU Kabupaten Asahan. Beliau menyampaikan: Pemilu tahun ini adalah pemilu serentak untuk pilpres, caleg dan DPD yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia, dimana sistem  menentukan hasil untuk mendapatkan kursi jabatan adalah "Proporsional Terbuka"

Adapun peserta Pemilu menurut UU No.20/2017 adalah (a) Calon Presiden dan Wakil Presiden. {b} Partai Politik. (c) DPD, sistem penomoran DPD dimulai dari nomor berikut setelah jumlah parpol peserta pemilu. Parpol peserta pemilu ada 20 (termasuk empat partai lokal di Aceh), sehingga nomor peserta DPD dimulai dari nomor 21 di setiap Propinsi.

Ada lima kertas suara dengan warna berbeda yang harus dicoblos pada Pemilu tahun 2019 yaitu {1). Abu-abu, dilengkapi dengan foto untuk pemilihan  Capres dan Cawapres {2}.Kuning, dilengkapi dengan lambang partai, nomor dan nama calon untuk pemilihan  DPR RI. (3). Merah, dilengkapi dengan foto calon untuk pemilihan DPD. (4) .Biru, dilengkapi dengan lambang partai, nomor dan nama calon  untuk pemilihan DPRD propinsi. (5). Hijau, dilengkapi dengan lambang partai, nomor dan nama calon untuk pemilihan DPRD Kabupaten/Kota. Bila sampai tanggal 17 April 2019 ada warga yang belum mendapatkan surat C6/undangan masih punya kesempatan memilih dengan menunjukkan E KTP.

Yang harus diperhatikan sewaktu akan memilih adalah memperhatikan syahnya surat suara (harus  ditanda tangani oleh KPPS). Bila telah selesai dicoblos, masukkan surat suara pada kotak yang sesuai warnanya, kemudian celupkan salah satu jari ke tinta  sebagai bukti sudah selesai mencoblos. (PDA Asahan)

Shared Post: