'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
TOSS TB dari 91,6 FM-M Radio.
13 April 2019 22:00 WIB | dibaca 234

Indonesia sebagai negara dengan penderita TBC nomor 3 terbanyak di dunia memerlukan kerjasama yang kuat dengan berbagai pihak untuk melakukan eliminasi TBC. Sebagai salah satu organisasi wanita yg dipercaya 'Aisyiyah mengambil peran penting diantaranya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tahu tentang TBC sehingga dapat segera berobat bila dirinya, keluarga, teman maupun tetangganya terduga terjangkit TBC. Untuk itu pada Jum'at 12 April 2019 PWA Sumut mengisi program Talk show di M Radio yang terletak di kompleks UMSU Medan.

Pada talk show tersebut Azwinar  hadir atas nama PWA Sumut, Zubaidah Pohan sebagai Kepala SR dan Sri Maharani Arfiani Kordinator Program TB HIV Care 'Aisyiyah Sumut. Talk show berlangsung dalam suasana cair membahas tentang gejala-2 penyakit TBC, penyebab dan pencegahannya serta siapa saja yang bisa tertular.

Fanny Safira sebagai pemandu talkshow juga menanyakan kemana kita dapat berobat untuk menastikan terjangkit TBC. Sewaktu disampaikan bahwa berobat TBC di Puskesmas semua biaya termasuk biaya obat-obatan tidak dipungut biaya, Fanny menanyakan apakah kualitas obat di Puskesmas sama baiknya dengan obat yang dibeli dengan uang sendiri.

Sewaktu talk show berlangsung tersebut ada  pertanyaan yang diajukan  melalui whatsapp dari pendengar M radio tentang apa beda TBC pada anak dan dewasa juga tentang TBC tulang. Tim dari PWA Sumut bergantian menjawab pertanyaan sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Tidak terasa waktu satu jam habis dan pada closing statement Zubaidah Pohan menyampaikan terjemahan Surat Al-Maidah ayat 32 yaitu: bila kamu membunuh seorang manusia bukan karena orang itu membunuh orang lain seakan kamu membunuh seluruh manusia di dunia, dan bila kamu menyelamatkan nyawa seorang manusia seakan kamu menyelamatkan nyawa seluruh manusia di dunia. Inilah yang merupakan salah satu alasan 'Aisyiyah untuk berkiprah dalam eliminasi penyakit TBC

TOSS/Temukan Obati Sampai Sembuh TB, mulai dari saya. (PWA Sumut/TB HIV Care 'Aisyiyah)

Shared Post: