'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Warga 'Aisyiyah Sumut Cerdas Dalam Memlih di Pemilu 2019
29 Maret 2019 14:04 WIB | dibaca 955

LPPA Sumut dan PWA Sumut dalam acara Paripurna yang diselenggarakan  minggu keempat setiap bulannya, kali ini memanfaatkan momentum yang tiggal hitungan hari jelang Pemilu 2019 untuk melaksanakan Sosialisasi Pemilu dengan tema Mewujudkan Pemilu Yang Jujur, Adil dan Berkemajuan. Mengingat pentingnya secara strategis paripurna ini dan untuk memantapkan proses pemilu 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 17April 2019 mendatang, maka PWA Sumut dalam paripurna ini menggandeng KPU Sumatera Utara untuk bekerjasama dalam sosialisasi Pemilu yang berlangsung pada tanggal 23 Maret 2019 di gedung Dakwah PWM Sumut, Jalan SM Raja Medan. Sosialisasi ini dilakukan agar warga ‘Aisyiyah mendapatkan pemahaman yang benar bagaimana memberikan hak suaranya di TPS dan menjadikan warga ‘Aisyiyah Sumatera Utara  dapat menjadi pemilih yang cerdas  dengan  menggunakan hak suaranya secara baik

 Acara ini dihadiri lebih kurang 100 orang Pimpinan dan  warga ‘Aisyiyah dari unsur Wilayah, Daerah dan Cabang. Selain Pimpinan Wilayah hadir PDA dari lima lokasi yaitu  PDA Kota Medan, PDA Serdang Bedagai, PDA Deli Serdang, PDA Binjai, dan PDA Langkat. Turut hadir  dalam acara ini PWM Sumut, Bapak Irwansyah Putra, Sekretaris PWM Sumut dan Bapak Dr. Abdul Hakim Siagian, SH, M.Hum, calon anggota DPD RI perwakilan Sumut. Materi sosialisasi disampaikan oleh Wakil Ketua Komisioner KPU, Syafrialsyah dan Tim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat. Acara dibuka oleh Sekretaris LPPA PWA Sumut, Zeni Armila, S.Ag dan bertindak sebagai Moderator Ketua LPPA, Dr. Sulhati, MA dan Wakil Ketua LPPA, Dr. Amini, M.Pd.

Hj. Elynita, Ketua PWA Sumut dalam sambutannya menyampaikan agar warga ‘Aisyiyah tidak boleh golput dan dapat menggunakan hak pilihnya di TPS sehingga dengan sosialisasi ini warga ‘Aisyiyah dapat memahami cara memilih yang benar, cara memilih yang sah dan cara memilih yang tidak benar. Hj. Elynita berharap agar PDA yang hadir dapat pula mensosialisasikannya di daerah masing-masing kepada seluruh warga ‘Aisyiyah

PWM Sumut diwakili oleh Sekretaris, Bapak Irwansyah Putra dalam sambutannya menyampaikan bahwa PWM menegaskan sudah meneruskan instruksi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan telah melakukan pencerahan melalui kegiatan politik dan pengajian bahwa instruksi PP Muhammadiyah harus disikapi dengan cerdas karena sistem pemilu yang akan dihadapi pada tanggal 17 April 2019 mendatang adalah sistem pemilu yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia dan sangat berbeda dengan sistem pemilu-pemilu sebelumnya. Pemilu adalah bagian siyasah dari Negara kita. Oleh karena itu dalam konteks dakwah warga Muhammadiyah harus menyikapi instruksi-instruksi PP Muhammadiyah dengan sadar dan benar. Pesan KH. Ahmad Dahlan, mustahil Islam itu akan hilang di dunia tapi tidak mustahil Islam itu akan lenyap dari Indonesia.

 

Dr. Abdul Hakim Siagian, SH, M.Hum, calon anggota DPD RI dari Sumut yang direkomendasikan oleh PWM Sumut untuk maju mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD RI mengingatkan supaya bisa memilih, pastikan kita, anggota keluarga, kerabat dan masyarakat terdekat kita mempunya E.KTP. Hakim juga mengingatkan jangan sampai warga Muhammadiyah termasuk ‘Aisyiyah mempunyai pemikiran-pemikiran yang negative terhadap calon-calon yang muncul di pemilu. Strategi yang harus dipakai oleh warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah adalah kompak dalam memilih dan pilihlah dengan  pemikiran yang cerdas. Harus diingat bahwa ada 5 yang dipilih, yaitu Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPR Propinsi, dan DPR Kabupaten/Kota .

 

Syafrialsyah dan Tim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi menyampaikan secara teknis apa yang harus dilakukan oleh pemilih di TPS sehingga hak suara tidak batal, benar dan sah.(LPPA Sumut)

Shared Post: