'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Wisata Religi Aisyiyah Sumut Pasca Muktamar di Mesjid Raya Sheikh Zayed Solo
01 Desember 2022 13:59 WIB | dibaca 65

 

Wisata Reliji Aisyiyah Sumatera Utara, pasca Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah berawal dari Masjid Raya Sheikh Zayed di kota Solo. Wisata reliji merupakan gabungan dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara, Pimpinan Aisyiyah Kota Medan dan Pimpinan Aisyiyah Padangsidimpuan. Selain melihat masjid yang baru diresmikan itu, wisata reliji juga dilakukan ke Museum Muhammadiyah dan pemakanan tokoh-tokoh Muhammadiyah di Yoqjakarta.

Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Surakarta diresmikanPresiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).  Masjid Raya Sheikh Zayed langsung ramai dikunjungi masyarakat yang penasaran seperti apa masjid megah di Kota Solo ini. Sayang, masjid indah ini belum dibuka untuk umum karena masih dalam proses penyelesaian. Khalayah yang berkunjung hanya bisa berfoto diseputaran masjid saja.

Wakil Ketua PW Aisyiyah Sumut Dr. Mujiaton mengapresiasi dibangunan satu masjid indah di Solo dan kini menjadi ikon baru kota ini. Hal yang sama disampaikan Ketua PDA Medan, Kholissani Nasution. ” Bangunan yang indah, semoga menjadi pusat kebangkita Islam di Jawa Tengah,” jelasnya.

Masjid Raya Sheikh Zayed tepatnya berlokasi di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Lokasinya dekat dengan Terminal Tirtonadi maupun Stasiun Solobalapan, serta dilalui angkutan umum.

Masjid Raya Syeikh Zayed adalah hadiah dari MBZ untuk Presiden Joko Widodo. Masjid ini diproyeksikan tak hanya menjadi tempat shalat berjemaah, tetapi juga berfungsi menjadi pusat kegiatan dakwah, sosial dan pembinaan umat, serta destinasi wisata religi. Di sekitar kompleks masjid akan dibangun Islamic Center yang diharapkan bisa menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam.  Selanjutnya, akan didirikan Taman Pendidikan Al Quran (TPA), tempat tafsir Al Quran, madrasah, dan tempat pengembangan ekonomi syariah yang menjual produk-produk halal market di Islamic Center.

Areal Masjid memiliki luas bangunan utama sekitar 8.000 meter persegi, Masjid Raya Sheikh Zayed mampu menampung hingga 10.000 jemaah.  Adapun fasilitas Masjid Raya Sheikh Zayed antara lain ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basemen yang diperuntukkan sebagai tempat wudu jemaah putra dan putri. (Syaifulh/Fitri W)

Shared Post: