'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Workshop 1 Abad TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal Sumatera Utara
10 April 2019 09:11 WIB | dibaca 222

Work Shop dengan tema :  "Meningkatkan Kualitas Guru  Guna menyongsong 1 Abad TK-ABA"  ini adalah yang ke-2 kalinya diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PWA Sumut. Diselenggarakan pada tanggal 30-31 Maret 2019 dan dibuka oleh Fitri Wijayawati S.Psi,M.Pd mewakili Ketua PWA Sumut dengan peserta  berjumlah 35 orang yang  berasal dari PDA Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Padangsidimpuan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan dan Medan. 

Peserta mendapatkan materi (a).  PKG, Penilaian Kinerja Guru,  yang disampaikan oleh  Nuraisyah Nasution, MPd, (b).PHIWM/ Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah,  oleh  Fitri Wijayanti,S.Psi., M.Pd (c). Metode Belajar Iqra'  oleh Dra. Ratnawati, MA, (d).Qaedah-Qaedah Dikdasmen oleh ibu Dra. Rusni, (e).Keterampilan Motorik Anak Dan Latihan Media Spirograph,  oleh Deliati, M.Ag. 

Dengan  workshop ini diharapkan murid-murid TK ABAdapat diajarkan secara dini  tentang cara baca makhraj huruf Al Qur'an dengan benar. Diharapkan juga agar guru TK dapat menjadi motivator dan model bagi pembentukan karakter anak mengingat pembentukan kepribadian anak diawali dari TK.

Pada Materi Penilaian Kinerja Guru ada  penekanan pada empat aspek penilaian yaitu : (1). Paedagogik, (2). Kepribadian (3). Proporsional (4).  Sosial.

Harapan orang tua murid terhadap gurunya, TK yang ideal adalah guru yang bisa mendongeng, menguasai lagu, menghargai hasil belajar anak, dapat mengembangkan keterampilan/keberanian /rasa percaya diri anak untuk bertanya, dapat menggunakan sumber pengetahuan yang bervariasi, kreatif, inovatif. Selain itu guru sangat diharapkan dapat menjadi pengganti orangtua anak di sekolah dengan menjalin komunikasi yang baik  kepada orangtua dan anak didik. Dalam pembahasan tentang keterampilan motorik halus  disampaikan bahwa  untuk berfungsinya keterampilan motorik halus anak seperti gerakan tangan yg optimal harus ada  koordinasi yang baik antara mata dan jemari tangannya.(Majelis Dikdasmen PWA Sumut)

 

 

 

Shared Post: